Satuan Divisi Infantri 3 Kostrad TNI Angkatan Darat melakukan kegiatan donor darah bersama PMI Kota Makassar, di Markas Bontomarannu, Gowa, Rabu (8/4/2020)

Krisis Darah PMI Kota Makassar, Pangdiv 3 Kostrad Siap Back-up

Rabu, 08 April 2020 | 17:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Satuan Divisi Infantri 3 Kostrad TNI Angkatan Darat melakukan kegiatan donor darah bersama PMI Kota Makassar, di Markas Bontomarannu, Gowa, Rabu (8/4/2020).

Kegiatan donor darah tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Divisi 3 Kostrad, Mayjen TNI Achmad Marzuki disaksikan langsung oleh Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal atau Deng Ical.

Mayjen Achmad Marzuki juga ikut menyumbangkan 1 kantong darahnya, total 61 kantong darah berhasil terkumpul dalam kegiatan tersebut.

Ketua PMI Kota Makassar Deng Ical hadir langsung dalam kegiatan tersebut, berterima kasih atas sumbangan darah yang disalurkan kepada PMI.



“Terima kasih Pak Jendral atas kegiatan donor darah ta’ di Kostrad. Kami merasa terbantu karena saat ini PMI lagi kekurangan stok darah akibat wabah corona ditambah wabah DBD sehingga tiap harinya permintaan komponen darah TC selalu tinggi dari pasien rumah sakit,” ucap Deng Ical.

Pangdiv 3 Kostrad Mayjen Ahmad Marzuki mengatakan kepada PMI untuk tidak sungkan meminta bantuan kepada kesatuan yang dipimpinnya dikarenakan ini tugas kemanusiaan.

“Kepada Ketua PMI, tolong jangan sungkan, kasi rutin ki’ donor darah di Kostrad. Kalau perlu pada saat krisis sampaikan kepada kami, kami akan buck-kup ketersedian darah di UTD PMI Makassar,” Kata Pangdiv 3 Kostrad.

Di tengah pandemi Covid-19 ditambah PMI Makassar sangat kesulitan mengajak para pendonor untuk tetap mendonor seperti biasa, berbagai cara dilakukan untuk menjaga stok darah diantaranya bekerjasama dengan TNI-Polri dan instansi Pemerintah.(*)


BACA JUGA