#

Tim Gugus Tugas Barru Terima Bantuan APD dari Ketua DPRD Sulsel

Rabu, 08 April 2020 | 02:35 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Harapan Bupati Barru Suardi Saleh mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk digunakan dokter dan tenaga medis, maupun pasien dalam menangani Covid-19 perlahan mulai terpenuhi.

Pasca-Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Sulselbar menyumbangkan beberapa APD, kini giliran Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika yang menyerahkan bantuan 125 APD berupa baju dan masker N19, Rabu (08/04/2020).

Bertempat di Posko Gugus Tugas dan Media Center Percepatan Penanganan Covid-19, Andi Ina yang juga salah satu tokoh perempuan asal Barru, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut ke Bupati Barru Suardi Saleh.

“Kami memberikan 125 APD
Baju dan Masker N19. Saya titip untuk BPBD dan Gugus Tugas. Silakan diatur untuk (dibagikan bagi) dokter tenaga medis di seluruh kecamatan,” kata Andi Ina.



Menurut dia, APD ini memang sangat mendesak untuk dibagikan ke tenaga medis. Mengingat, merekalah salah satu pejuang kemanusiaan yang berada di garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Selain itu, Andi Ina juga menyerahkan beberapa bantuan sembako yang selanjutnya akan dibagikan ke warga yang membutuhkan, terutama bagi kaum dhuafa atau mereka yang tak berkecukupan dari segi ekonomi.

Dalam kesempatan ini, Andi Ina berjanji untuk selalu memperhatikan Kabupaten Barru. Termasuk akan memperjuangkan bantuan dari pemerintah provinsi, agar bisa meringankan beban pemerintah daerah menangani wabah corona.

“Kami di Provinsi Sulsel bisa melakukan perubahan parsial sampai 500 miliar. Tahap pertama sampai Juni, Pemprov bisa mencairkan Rp250 miliar. Dan kami minta Rp15 miliar khusus (dikelola) Anggota DPRD Sulsel. Dari situ akan ada bagian untuk tiap-tiap anggota dewan bagi dapilnya. Dan bagian saya akan saya bawa ke Kabupaten Barru,” tegasnya.

Di depan Bupati Barru dan Tim Gugus Tugas, Andi Ina meyakinkan jika dirinya selalu siap membantu dan memperjuangkan Barru, khususnya dalam menangani Corona yang penyebarannya mulai masuk ke sejumlah daerah di Sulsel.

“Insya Allah, kabupaten Barru ini konsentrasi saya terkait musibah Covid-19 ini,” tambah Andi Ina yang didampingi sejumlah fungsionaris dari Partai Golkar Barru.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh yang didampingi Plh Sekda Barru Abustan, dan Juru Bicara Khusus Covid-19 Barru, dr Amis, dan Kepala Pelaksana BPBD, menyampaikan terima kasihnya atas bantuan dari Ketua DPRD Sulsel.

Saat menyampaikan sambutan, Suardi Saleh melaporkan langkah dan berbagai kebijakan yang sudah dijalankan dalam menangani dan mengantisipasi penyebaran Corona Virus di Kabupaten Barru.

Mulai menutup pelabuhan untuk aktivitas kapal penumpang, hingga mengeluarkan kebijakan menghapus retribusi jasa umum, pajak hotel, restoran dan rumah makan selama tiga bulan demi meringankan beban warga dan pelaku usaha.

“Mengenai masker kita sinergi dengan (pemerintahan) desa untuk setiap penduduknya dengan berharap, kita yang mewajibkan, maka pemerintah juga yang menyediakan,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA