Pedagang kue tradisional dan sayuran di Pasar Induk Minasamaupa Sungguminasa Kabupaten Gowa, Selasa (7/4/2020)/ Sandi Darmawan

Pemkab Gowa Hadirkan Pasar Online Minasa Maupa, Ini Kata Warga

Kamis, 09 April 2020 | 22:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Beroperasinya pasar online Minasa Maupa, Kabupaten Gowa ternyata sangat membantu masyarakat, utamanya yang melakukan aktivitas di rumah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Nursapa, warga Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu ini mengaku sangat terbantu dengan kehadiran pasar online ini. Dirinya pun tak perlu harus keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok selama beraktivitas dari rumah.

“Alhamdulillah karena sekarang sudah ada pasar online jadi kita tidak mesti ke pasar. Selain membantu kita yang ibu-ibu rumah tangga juga dapat memutus mata rantai penularan Covid-19,” katanya dikonfirmasi, Kamis (09/04/2020).

Apalagi Daeng Asih sapaan akrabnya, seluruh menu kebutuhan pokok yang dijual sangat segar. Termasuk pihak pengelola saat melakukan transaksi sangat ramah dalam berkomunikasi.



“Saya sudah buktikan sendiri belanja melalui pasar online ini, bahan-bahan yang kita butuhkan lengkap. Tadi saya pesan lengkuas, lombok besar, serei hingga ayam potong dan semuanya masih segar,” jelas warga Jalan Andi Mallombassang ini.

Dirinya pun berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dipedastri) yang telah memberikan solusi layanan penjualan bahan pokok secara online. Sehingga masyarakat bentul-betul bisa melakukan aktivitas di rumah tanpa perlu ke tempat keramaian seperti pasar untuk mencegah penularan virus.

“Ini sangat membantu kami. Semoga layanan pasar online ini terus ada selama kondisi membaik, kami pun berharap layanan dan kualitas bahan pokok yang dijual terus dipertahankan kesegarannya,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdastri Kabupaten Gowa Andi Sura Suaib mengaku, pengoperasian hari pertama pembelian dengan sistem online di Pasar Minasa Maupa diterima baik oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya pemesanan, bahkan selain dari warga di wilayah Kecamatan Somba Opu dan Pallangga, beberapa pemesan juga ada dari Kota Makassar.

“Pengantar itu sebelumnya hanya 7, tapi kita tambah menjadi 10 karena pemesan cukup besar. Pertama beroperasi ada 50 orang yang memesan,” katanya.

Untuk kurir atau pengantar, pihaknya melibatkan para tenaga kerja di Pasar Minasa Maupa. Mulai dari cleaning servis dan sejumlah tenaga kerja yang sementara tidak bekerja.

Tahap awal pengoperasian pasar online ini diberikan layanan pengantaran gratis. Sementara di hari-hari berikutnya akan ditetapkan biaya pengantaran sesuai jarak pihak pemesan.

“Satu pekan ini untuk biaya pengantaran gratis. Tapi jika ada pemesan yang memberikan tip itu kita tidak larang,” kata Andi Sura.

Layanan pemesanan di Pasar Minasa Maupa secara online ini berlaku mulai pukul 06.00 hingga 12.00 Wita, sedangkan proses pengantaran dilakukan pada keesokan harinya setelah melakukan pemesanan. Untuk tahap awal layanan pemesanan bisa menghubungi lima kontak pengelola di 085242020895, 087745647022, 085343967828, 085377018345, dan 085256633985.

Beberapa jenis bahan pokok yang dijual antara lain daging, ayam, ikan bandeng, ikan asin, tahu, tempe, beras, bawang merah dan bawang putih, gula pasir, terigu, dan aneka sayur mayur seperti kol, kentang, sawi, lombok, tomat, dan labu.

“Kita mengupayakan agar sistem ini juga bisa diterapkan di seluruh pasar di Kabupaten Gowa. Kami sementara menginfokan kepada kepala pasar untuk mencoba sistem ini, karena jika pasar online ini berjalan dengan baik maka pengurangan kontak dengan orang banyak bisa kita diwujudkan. Sehingga penyebaran virus bisa kita tekan,” tegasnya.(*)


BACA JUGA