Ketua PMI Kota Makassar Dr. Syamsu Rizal atau lebih dikenal dengan panggilan Deng Ical meninjau langsung kegiatan donor darah di Kecamatan Rappocini, Jalan Aroepala, Hertasning baru, Jumat (10/4/2020)

Ketua PMI Tinjau Langsung Kegiatan Donor Darah di Rappocini

Jumat, 10 April 2020 | 19:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua PMI Kota Makassar Dr. Syamsu Rizal atau lebih dikenal dengan panggilan Deng Ical meninjau langsung kegiatan donor darah di Kecamatan Rappocini, Jalan Aroepala, Hertasning baru, Jumat (10/4/2020).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh PMI Rappocini sebagai upaya untuk membantu UTD PMI Makassar dalam memenuhi kebutuhan darah dari pasien di sejumlah rumah sakit di Makassar.

pt-vale-indonesia

Ketua PMI Rappocini, Saiful Islam mengatakan selain untuk menjaga stok darah, kegiatan ini juga dijadikan ajang edukasi waspada Covid-19.

“Kegiatan donor darah ini kami laksanakan untuk membantu UTD yang kekurangan stok darah. Selain itu kita jadikan ajang untuk memberi edukasi waspada Corona,” kata Saiful.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, PMI Makassar berhasil mengumpulkan 61 kantong darah.

Sementara itu, Ketua PMI Makassar Deng Ical yang berada di lokasi memberi edukasi kepada pendonor untuk tetap mewaspadai penyebaran Covid-19.

“Meskipun ada wabah Corona tetap saja donor darah itu hal penting, yang jelasnya masyarakat tetap pakai masker, rajin cuci tangan dan tidak keluar kalau tidak kebutuhan penting. Untuk masalah kemanusiaan menjadi tanggungjawab kita bersama,” kata Wakil Wali Kota Makassar periode 2014-2019 itu.

Di tengah pandemi Corona, PMI Kota Makassar melakukan pengawasan ketat terkait kegiatan donor darah, mulai dengan melakukan pemeriksaan suhu badan, sterilisasi pendonor serta lokasi dan penggunaan alat pelindung diri (APD) untuk memastikan keamanan para pendonor.

“Besok rencananya PMI Makassar akan kembali melakukan kegiatan donor darah dengan menggandeng salah satu komunitas pencinta klub Arsenal asal Inggris di Jalan Kandea, Makassar,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA