Sarabba/INT

Mampu Tangkal Corona, Pakar Gizi Sarankan Masyarakat Sulsel Minum Sarabba

Minggu, 12 April 2020 | 13:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai minuman hangat khas Sulawesi Selatan (Sulsel), Sarabba memang menjadi minuman favorit masyakarat Sulsel terutama di Makassar. Aroma dan rasanya yang sedikit pedas tak ayal jika banyak digandrungi oleh masyarakat.

Selain itu, minuman ini rupanya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi saat pandemi Corona melanda, Sarabba pun bisa menjadi minuman pilihan bagi masyarakat untuk menangkal virus berbahaya ini.

Hal tersebut diungkapkan Pakar Gizi, Nadimin. Ketua DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Sulsel ini, Nadimin saat dihubungi, Minggu (12/4/2020). Ia menyebut, bahwa jahe yang merupakan bahan utama Sarabba memang mampu menangkal berbagai macam virus utamanya Corona.

“Sarabba terbuat dari bahan diantaranya adalah jahe. Bahan seperti jahe, kunyit, temulawak dan sebagainya mengandung senyawa yang bisa meningkatkan imunitas yang tentu dapat membantu menangkal Corona,” ujarnya. 



Senada dengan Nadimin, Dosen Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin (Unhas), Aminuddin Syam menjelaskan, bahwa jahe merupakan anti oksidan yang kuat. Kandungan anti oksidan dalam jahe memang terbukti secara alami meningkatkan sistem imunitas tubuh.

“Bisa juga karena jahenya juga mengandung anti oksidan,” kata Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini, Minggu (12/4/2020). 

Selain Sarabba, adapun minuman berbahan rempah jahe lainnya, ialah Wedang Jahe, Ronde atau Sekoteng. Minuman tersebut diketahui menjadi favorit bagi masyarakat di pulau Jawa.(*)