Kadinkes Sulsel, Ichsan Mustari saat memaparkan perkembangan virus Corona di Ruang Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar beberapa waktu yang lalu.

Kasus Positif Corona di Sulsel Bertambah 44 Orang, 26 dari Awak KM Lambelu

Senin, 13 April 2020 | 01:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kasus positif Corona di Sulawesi Selatan (Sulsel) kini bertambah 44 orang. Sehingga, total kasus telah ada sebanyak 222 orang per 12 April ini.

“Kami sampaikan hari ini bertambah sebanyak 44 pasien positif, jadi total menjadi 222 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Ichsan Mustari saat konferensi pers via daring, Minggu (12/4/2020).

Dari penambahan 44 orang yang dinyatakan positif, diketahui terdapat 26 orang yang merupakan awal dari Kapal Motor (KM) Lambelu. Sementara itu, 16 orang menunjukkan hasil negatif Corona.

“Jumlah awak kapal sebanyak 141 orang. Kita sudah lakukan pemeriksaan hasil swab-nya sebanyak 42 orang. Jadi ada 26 orang positif dan 16 orang yang negatif,” bebernya.



Adapun dari 26 orang yang terjangkit virus Corona di KM Lambelu, kata Ichsan, semuanya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Dimana pemeriksaan tidak ditemukan adanya gejala terhadap orang tersebut akan tetapi hasil menunjukkan bahwa mereka positif.

“Yang positif di kapal ini semua OTG. Jadi tidak ada yang bergejala,” katanya.

Diketahui, sebelumnya memang KM Lambelu melakukan pelayaran dari Nunukan-Makassar-Baubau-Maumere. Ada beberapa anak buah kapal (ABK) KM Lambelu diduga positif Corona setelah menjalani pemeriksaan darah yakni rapid test oleh tim medis.(*)