Ilustrasi/INT

Pengamat Sosiologi Ingatkan Angka Kriminalitas Bisa Naik di Tengah Pandemi Corona

Selasa, 14 April 2020 | 21:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pengamat Sosiologi Universitas Negeri Makassar (UNM), Jumadi mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai lonjakan kriminalitas. Mengingat sedang terjadi pandemi Corona atau Covid-19.

Ia mengatakan, bahwa angka kriminalitas tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan lantaran ada instruksi tetap di rumah. Maka otomatis pendapatan pun berkurang.

“Semakin tingginya biaya sosial dapat berdampak pada tingginya angka kemiskinan. Menurunnya produktivitas kerja, meningkatnya konflik dalam masyarakat dan meningkatnya angka kriminalitas termasuk menurunnya tingkat kesehatan masyarakat,” terangnya, Selasa (14/4/2020).

Lebih lanjut, Guru Besar UNM ini menambahkan, seharusnya pelaku usaha tetap membayar upah pekerja atau buruh. Kecuali memang telah diatur atau ada kesepakatan, perjanjian kerja ataupun peraturan perusahaan dengan pekerja atau buruh sebelumnya yang telah disepakati bersama.



“Sekiranya juga ada upah sebelum dirumahkan sebaiknya dirundingkan dengan pihak-pihak terkait. Termasuk pekerja atau buruh terutama mengenai besarannya selama dirumahkan, begitupun lamanya dirumahkan,” tambahnya. 

Menurutnya, masalah ini segera diatasi. Apabila tidak, maka akan berdampak lebih luas lagi secara sosial. Dimana para pekerja akan mencari pekerjaan sementara sambil menunggu waktu dirumahkan selesai. 

“Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan tentunya para pekerja atau buruh yang dirumahkan akan keluar rumah,” terangnya.(*)