Rapat Senat Pilrek UNM Periode 2020-2024 berlangsung di Ruang Rapat Senat Lantai 14 Menara Pinisi UNM, Rabu (15/04/2020).

Menang Telak, Husain Syam Terpilih Kembali Nahkodai UNM

Rabu, 15 April 2020 | 15:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Teka-teki Nahkoda Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk periode 2020-2024 akhirnya terjawab. Ialah Husain Syam yang terpilih kembali sebagai Rektor.

Hasil tersebut diumumkan setelah digelarnya Pemilihan Rektor (Pilrek) Tahap Kedua yang dilangsungkan via daring melalui sistem e-voting. Adapun, tiga kandidat calon Rektor UNM bertarung pada tahap in, ialah Husain Syam, Ramli Umar, dan Tuti Supatminingsih.

Dari hasil rekapitulasi sebanyak 95 suara, 33 atau 35% suara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, serta 62 suara atau 65% dari Senat UNM, Husain tak terbendung. Ia berhasil menang telak dari dua pesaingnya tersebut.

Ketua Senat UNM, Sulaiman Samad pun mengetok palu Rapat Senat Tertutup Pilrek. Sekaligus secara resmi bahwa Husain Syam dinyatakan sebagai Rektor terpilih periode 2020-2024.

“Dengan ini menyatakan Prof Husain Syam sebagai Rektor terpilih periode 2020-2024 berdasarkan hasil voting dari senat dan kementerian,” kata Sulaiman saat ditemui di Ruang Rapat Senat Lantai 14 Menara Pinisi UNM, Rabu (15/4/2020).

Terpilihnya kembali Husain Syam sebagai Rektor UNM, disambut hangat oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbud, Diyah Ismayanti. Ia pun menyampaikan selamat atas amanah baru yang diemban.

“Selamat kepada Rektor terpilih kembali menjabat diperiode kedua, sukses selalu yah pak,” kata Diyah.

Di tempat yang sama, Husain Syam menyampaikan apresiasi kepada panitia Pilrek, Senat dan Kemendikbud atas capaian hasil yang telah diumumkan hari ini. Ia mengaku mengikuti pemilihan ini tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

“Kita merasa bersyukur karena memperoleh hasil yang sungguh kredibel, dari suara kementerian 35 persen itu utuh. Saya sangat profesional menjalankan pemilihan rektor ini, tanpa ada intervensi ke panitia,” katanya.

Guru Besar UNM ini juga menyampikan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak. Terkhusus para Anggota Senat dan Panitia Pilrek. Kata dia, terpilihnya kembali merupakan amanah dan tantangan berkat dukungan yang didapat.

“Saya meyakini tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan kita semua, dan atas nama seluruh sivitas akademika UNM saya menyampaikan selamat dan terima kasih. Mari kita sama-sama mengantarkan UNM lebih baik,” tuturnya. (*)


BACA JUGA