#

Pemeriksaan di Barru Makin Ketat, Giliran Posko di Perbatasan Parepare Difungsikan

Sabtu, 18 April 2020 | 11:03 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Pemeriksaan di Kabupaten Barru semakin ketat. Demi mengantisipasi penyebaran coronavirus, pemerintah setempat menerapkan pemeriksaan di semua gerbang perbatasan antar daerah.

Pasca-mengoperasikan posko pemeriksaan di perbatasan Barru-Pangkep sepekan lalu, kini giliran posko di perbatasan Barru-Parepare mulai difungsikan kembali, terhitung Sabtu (18/04/2020).

Sama di perbatasan Barru-Pangkep, semua pengendara yang ingin masuk dan melintas di Barru, wajib menjalani pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas gabungan dari Satpol, Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, TNI/Polri, serta tim Gugus Tugas Covid-19.

Wakil Bupati Barru, Nasruddin AM, memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada para petugas sebelum menjalankan misi kemanusiaan ini di perbatasan yang terletak di Bojo, Kecamatan Mallusetasi.



“Tujuan dibuka kembali Posko Covid 19 untuk memantau pergeseran warga yang masuk ke Barru. Saya berharap para petugas betul-betul memaksimalkan pendataan warga yang melintas dan masuk di Barru,” tegas Nasruddin AM saat memberi pengarahan di apel siaga pembukaan posko, Sabtu (18/04/2020).

Dalam kesempatan ini, eks Sekda Barru itu juga menyemangati para petugas, termasuk mengingatkan untuk selalu menjaga stamina tubuh dan menghindari bersentuhan langsung. Begitu pun melakukan pendekatan dengan cara mengedukasi masyarakat guna memahami potensi resiko dan cara menangani Covid-19.

Berdasarkan pantauan, di pembukaan posko pemeriksaan atau screeening ini, ikut dihadiri Plh Sekda Barru Abustan, Kadis Perhubungan Anshar T, Jubir Khusus Covid-19 yang juga Kadis Kesehatan dr Amis, Inspektur Daerah Abdul Rahim, Koramil Mallusetasi, serta dari Kepolisian Sektor Mallusetasi.

Posko yang dibagi atas beberapa sift setiap harinya ini akan melibatkan sekira 20-an petugas tiap sift. Mereka berbagi tugas sesuai perannya masing-masing. Baik melakukan pendataan, pemeriksaan kesehatan, mengatur arus lalu lintas, maupun yang berfungsi menjaga ketertiban dan keamanan.

Khusus di Bojo, punya karakter berbeda dibanding kecamatan lain di Barru. Mengingat, tak sedikit warga yang berdomisili di kelurahan ini, aktivitasnya di Parepare. Karena itu, harus ada pemantauan dan penanganan tersendiri.

Selain di perbatasan Barru-Pangkep dan Barru-Parepare, Pemkab Barru juga akan membuka posko pemeriksaan di perbatasan Barru-Soppeng. Rencananya dibuka resmi mulai, Minggu (19/04/2020) besok.(*)


BACA JUGA