Dishub Makassar, Satpol PP, BPBD Makassar, dan Polsek Biringkanaya saat melakukan pemeriksaan terhadap pengendara di Perbatasan Makassar-Maros di Simpang 5 Mandai, Rabu (8/4/2020)

Jaga Perbatasan Kota Makassar Selama PSBB, Pendatang Bakal Diseleksi

Minggu, 19 April 2020 | 17:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menjaga ketat perbatasan kota selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung. Pihaknya pun bakal selektif dalam memilih pendatang yang hendak masuk ke kota. 

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Ismail Hajiali saat konferensi pers via daring, Sabtu (18/4/2020). Selama PSBB, kata dia, ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona atau Covid-19.

“Jadi dibatas kota tetap dilakukan, dilakukan seleksi orang yang mau masuk,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar ini. 

Meski begitu, perlu adanya sinergitas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dan Maros. Dengan tujuan, untuk lebih memperketat daerah perbatasan dalam mencegah penyebaran Corona.



Alur masuk keluar pendatang baik dari Kota Makassar ke daerah atau sebaiknya mesti diwaspadai. Opsi terbaik untuk ini, pihaknya berharap ada penerapan PSBB di dua kabupaten tersebut. 

“Makanya hasil pertemuan ini supaya Gowa dan Maros lakukan PSBB tapi dalam proses, provinsi juga usulkan intinya saling menjaga satu sama lain untuk menghindari dari Covid-19,” lanjutnya. 

Untuk diketahui, PSBB Makassar akan berlangsung pada 24 April hingga 7 Mei nanti. Saat ini, pihaknya melakukan sosialisasi mengenai penerapan ini. Kemudian di tanggal 20 April akan dilakukan uji coba PSBB.(*)