Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI saat melihat pendonor darah di STIE Amkop, Senin (20/04/2020).

Antisipasi Stok Darah Minim Saat Ramadan, PMI Makassar Genjot Donor Darah

Senin, 20 April 2020 | 20:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar terus berupaya dalam menyediakan stok kantong darah untuk masyakarat yang tengah membutuhkan. Untuk itu, pihaknya kini menggenjot kegiatan donor darah.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI menjelaskan, bahwa donor darah bakal terus dilakukan guna menghadapi bulan Ramadan nanti. Apalagi, kata dia, diketahui pendonor darah kerap sulit didapat pada masa puasa.

“Menjelang ramadhan itu pendonor semakin berkurang jadi kita berharap ini teman teman bisa mengambil bagian dalam bulan Ramadan ini digenjot,” jelasnya saat ditemui di STIE Amkop, Senin (20/04/2020).

Lanjut, kata pria yang akrab disapa Deng Ical ini, pihaknya menargetkan bisa menyediakan stok darah mencapai 1.500 kantong sebelum memasuki awal Ramadan nanti. Terlebih saat ini terjadi pandemi Corona atau Covid-19, dikhawatirkan stok bisa cepat habis.



“Paling tidak itu 1.500 sebelum masuk Ramadan,” singkatnya.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar Periode 2014-2019 ini juga mengatakan, pihaknya bakal terus melakukan kegiatan donor darah ini hingga mencapai minimum target. Kata dia, PMI Makassar menargetkan bisa menyediakan stok darah minimal sebanyak 1.200 kantong darah.

“Mudah-mudahan bisa di upgrade lagi. Mudah-mudahan bisa 1.200 yah minimal,” harapnya. (*)


BACA JUGA