Petugas Tim Observasi Hilal Stasiun Geofisika Gowa mengamati posisi hilal (bulan) Rakyatul hilal gabungan untuk menentukan 1 Ramadhan.

BMKG Lakukan Pengamatan Hilal Awal Ramadan pada 23 April

Senin, 20 April 2020 | 18:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Bulan Ramadan akan masuk dalam beberapa hari lagi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar pun menjadwalkan melakukan pengamatan hilal awal Ramadan pada 23 April nanti.

“Pengamatan hilal awal Ramadan 1441 Hijiriah direncanakan akan dilaksankan pada 23 April 2020,” jelas Kepala Bidang (Kabid) BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, Senin (20/04/2020).

Dalam proses pengamatan nanti, ada protap khusus yang mesti diikuti. Sebab, diketahui Indonesia terkhusus Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini dilanda pandemi Corona atau Covid-19. Ini juga dilakukan demi menghindari penyebaran virus ini.

“Dilaksanakan di kantor atau dekat kantor masing-masing dengan syarat petugas tidak diijinkan naik transportasi umum, menggunakan masker dan tetap jaga jarak antar petugas,” ujarnya.



Sementara itu, untuk Sidang Isbat sendiri, akan digelar pada 23 April mendatang. Namun, kali ini digelar melalui via daring yang dipimpin langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

“Sidang Isbat Kemenag RI yg dipimpin oleh Menteri Agama akan menggunakan online pada tanggal 23 April 2020. Sehingga di daerah sebaiknya juga mengikuti pusat untuk memutus mata rantai corona,” jelasnya. (*)