Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengunjungi Kabupaten Jenoponto, Sulawesi Selatan, Senin (20/4/2020)

Selamatkan Petani Jagung dari Ijon, Mentan SYL: KUR Solusinya

Senin, 20 April 2020 | 15:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JENEPONTO, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengunjungi Kabupaten Jenoponto, salah satu sentra produksi jagung dan padi di Sulawesi Selatan, Senin (20/4/2020).

Dalam kunjungannya, Mentan SYL menyampaikan pentingnya kerja sama dan kebersamaan dalam membangun pertanian terlebih di masa pandemi global Covid-19.

“Saya mengajak kepolisian dengan Satgas Pangan-nya, Bulog, pelaku usaha, TNI. Ini panggilan negara. Kita pastikan kebutuhan pangan masyarakat aman. Bantu negara ini yah dek,” kata SYL saat diterima Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

Pertanian, menurut Mentan SYL dalam situasi dan kondisi seperti ini tidak boleh berhenti.

“Kegiatan produksi dan distribusi harus jalan. Saya minta, Kepolisian kawal angkutan yang membawa bahan pangan,” ujarnya.

Mentan SYL bersama Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar juga melakukan panen padi di Desa Kalumpangloe, Dusun Palippri, Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto.

Dalam sambutannya, Bupati Iksan melaporkan bahwa ada 26 ribu hektar sawah di Kabupaten Jeneponto dengan produktivitas 5-6 ton per hektar, dan 36 ribu hektar jagung dengan produktivitas 7,8 ton per hektar.

“Tapi saya sampaikan sedikit kendala Pak Menteri. Untuk komoditas jagung, sebagian petani menjual hasilnya ke daerah lain dikarenakan ada selisih harga. Kadar air jagung petani disini mencapai 30 persen, harganya Rp1.700 perkilogram. Sementara di tempat lain, Rp1.800 perkilogram,” ungkap Iksan.

Hal ini, menurut Iksan terjadi karena petani terjebak dalam praktek ijon. Selain itu, kadar air jagung yang diinginkan para pengepul adalah 7 persen, sementara petani tidak melakukan perlakuan paska panen sehingga hasil panen langsung dijual dengan kadar air mencapai 30 persen.

Menanggapi hal tersebut, Mentan SYL yang juga mantan Gubernur Sulsel memberikan saran untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian.

“Ada KUR pertanian sebesar Rp50 triliun. Manfaatkan itu. Kalau ada ijon atau tengkulak, saya minta Dinas pertanian koordinasi dengan Dirjen PSP, gulirkan KUR di sini,” ujar SYL.

Kehadiran KUR, menurut SYL adalah salah satu upaya negara untuk memastikan kesejahteraan bagi para petani di seluruh Indonesia dan membangun pertanian yang maju, mandiri, dan modern. 

“Jangan perantara untungnya jauh lebih banyak dari petani. Tidak ada itu ongkos menginjak rem, ingat itu. Jangan beli jagung dari petani Rp1.700, sesuai HPP-lah. Harga beli itu Rp3.150. Jangan beli di bawah HPP,” kata SYL.

Oleh karena itu, menurutnya harus ada proses pengolahan, penjemuran sehingga kualitas jagung baik sehingga harga lebih tinggi.(*)


BACA JUGA