Musrenbang Pemprov Sulsel untuk tahun anggaran 2021 digelar secara daring, Senin (20/4/2020)

Pemprov Sulsel Tetapkan Tema Pembangunan Tahun Anggaran 2021

Selasa, 21 April 2020 | 16:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menetapkan tema pembangunan tahun anggaran 2021. Adapun tema pembangunan Pemprov Sulsel tahun 2021 mendatang, ialah Meningkatkan Kualitas SDM dan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Ekonomi Berkualitas. 

Penetapan tema ini dilakukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Senin (20/4/2020). Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menjelaskan, dari tema tersebut diharapkan dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulsel yang berkeadilan. Sekaligus mengurangi ketimpangan baik pendapatan antara masyarakat maupun antara wilayah. 

Untuk mencapai pembangunan daerah tersebut, maka ditetapkan enam prioritas pembangunan yang dituangkan dalam RKPD tahun 2021. Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing. Kedua, peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur wilayah untuk akselerasi pertumbuhan.

Ketiga, percepatan pertumbuhan ekonomi dan transformasi ekonomi. Keempat, mengurangi ketimpangan pendapatan masyarakat. Kelima, meningkatkan nilai tambah komoditas unggulan, dan keenam, pemantapan reformasi birokrasi.



“Untuk mewujudkan program pembangunan Sulsel, maka secara makro target pembangunan tahun 2021 adalah diperlukan dukungan dari seluruh stakeholder pembangunan dan sinkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota,” jelasnya. 

Ia pun menekankan, dalam rangka mewujudkan pembangunan yang lebih berkualitas, dan mendorong percepatan pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat, maka dilakukan berbagai hal. Pertama, melakukan upaya-upaya strategis dan inovatif untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, karena dengan hanya tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif, pembangunan dapat dicapai dengan baik dan berkualitas.

Kedua, melakukan penguatan pembangunan infrastruktur secara merata, serta yang mampu mendorong sektor-sektor unggulan di daerah untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dan ketiga, meningkatkan koordinasi, komunikasi dan sinergitas antara seluruh komponen.(*)