Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat meninjau langsung pemeriksaan rapid test Corona di Puskesmas Andi Makkasau, Kamis (23/4/2020)

Genjot Pemeriksaan ODP Corona, Pemkot Makassar Tambah Alat Rapid Test

Kamis, 23 April 2020 | 15:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan pemeriksaan terhadap Orang dalam Pemantauan (ODP) Corona atau Covid-19 dan masyakarat lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung di seluruh Puskesmas di Makassar, Kamis (23/4/2020).

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, bahwa kegiatan tersebut memang dilakukan agar semua masyakarat bisa diperiksa. Kemudian segera diambil tindakan terkait perawatan mereka.

Rapid test ini diprioritaskan bagi mereka yang telah masuk dalam status ODP. Selain itu, turut diperiksa pula para tenaga medis serta masyarakat yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Corona ataupun Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Kata Iqbal, pemeriksaan tersebut ditargetkan segera rampung besok, Jumat (24/4/2020). Olehnya itu, pihaknya pun menambah alat rapid test. Dimana sebelumnya terdapat 7000 alat, kemudian telah disiapkan 10 ribu alat rapid test. 



“Saat ini kami adakan program sekitar 10 ribu rapid test buat seluruh masyarakat kota Makassar. Dengan target utama selain tenaga kesehatan, juga keluarga-keluarga orang-orang yang berhubungan dengan pasien yang positif atau berhubungan dengan PDP,” ujarnya saat ditemui di Puskesmas Andi Makkasau, Kamis (23/4/2020).

Adapun alasan pihaknya ingin merampungkan pemeriksaan ini secepat mungkin lantaran adanya bulan Ramadan. Dimana, ia menganggap masyakarat merasa khawatir jika diambil sampel darahnya. 

“Sebenarnya kita optimalkan hari ini (tapi) bisa saja (sampai) besok cuman kan mengingat Ramadan biasanya orang tidak mau ambil darah. Karena ini kan diambil darahnya. Tapi besok kita bisa lanjut. Tapi kenapa kita optimalkan hari ini, karena besok itu Ramadan pasti banyak yang ragu ambil darah kalau Ramadan,” lanjutnya. 

Terkait hasil pemeriksaan, Mantan Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Sulsel ini mengaku, jika pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mengeluarkan hasil tesnya di hari itu juga. “Kayaknya bisa hari ini keluar, tidak lama. Atau paling lambat besok,” ujarnya. 

Terakhir, ia pun mengimbau agar seluruh masyakarat untuk ikut dalam pemeriksaan ini. Dengan tujuan, agar penyebaran Corona bisa dicegah lebih cepat.(*)


BACA JUGA