Ilustrasi Ramadan/INT

Kemenag RI Umumkan Awal Puasa Ramadan 1441 Hijriyah Dimulai Besok

Kamis, 23 April 2020 | 23:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementrian Agama (Kemenag) RI resmi mengumumkan bahwa puasa Ramadan 1441 Hijriyah akan dimulai besok, Kamis (24/4/2020). Hal tersebut diputuskan usai menggelar Sidang Hisbat, Kamis (23/4/2020).

Hal ini pun disampaikan Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi. Ia mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah terlihat hilal awal Ramadan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. 

“Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa,” katanya. 

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulawesi Selatan (Sulsel), Anwar Abubakar juga mengatakan, bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai pihak terkhusus Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar. 



Pemantauan hilal telah dilakukan sejak pukul 17.00 WITA. Kemudian, kata dia, pihaknya turut ikut dalam Sidang Hisbat yang digelar oleh Kemenag RI.

“Dilaksanakan dengan pihak terkait BMKG, Badan Hisab Rukyat, Penasilan Agama dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Kanwil Kemenag. Karena adanya situasi pandemi Corona-19 maka dilaksankan secara online melalui aplikasi zoom,” ujarnya.(*)