Lahan Rice Garden Kementan Mampu Tingkatkan Produksi Padi

Jumat, 24 April 2020 | 15:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

KARAWANG, GOSULSEL.COM — Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menyediakan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, utamanya di bulan Ramadan. Kebijakan yang dijalankan diantaranya tiada hari tanpa tanam dan panen, peningkatan produktivitas dan provitas, percepatan tanam dan penambahan luas tambah tanam.

Tentang hal tersebut, Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) proaktif terhadap kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dengan memberikan informasi yang akurat tentang prediksi dan keadaan serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) PT di lapangan, memberikan bimbingan teknis/pendampingan kepada petani dan pengawalan OPT di lapangan. Balai Besar Peramalan OPT (BBPOPT) juga memberikan kontribusi nyata dengan memberdayakan lahan sawah (Rice Garden) yang dimiliki seluas 12 ha untuk ditanami padi dan pada hari ini telah dilaksanakan panen.

pt-vale-indonesia

“Kami bersyukur di tengah pandemi Covid-19 dan meluasnya serangan OPT khususnya tikus dan penggerek batang padi pada musim tanam ini, kelompok tani binaan yang ada di Karawang dan sekitarnya masih bisa melakukan panen raya. Arahan Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, produksi pangan harus benar-benar dijaga, harus meningkat,” demikian dikatakan Kepala BBPOPT, Enie Tauruslina di Karawang, Jumat (24/4/2020).

Enie menyebutkan saat ini tengah dilakukan panen yang dilaksanakan di lahan sawah milik BBPOPT seluas 1,35 ha dari total lahan seluas 12 ha. Bahkan masih tersisa lahan yang akan dipanen dalam waktu dekat seluas 10,65 ha.

“Harga gabah untuk saat ini cukup bagus yaitu Rp4.900 perkilogram gabah basah,” ujarnya.

Enie mengaku jenis varietas padi yang ditanam di lahan sebagai percontohan tersebut yakni menanam padi yang tahan terhadap serangan hama wereng dengan potensi hasil produksi tinggi yaitu Inpari 32. Alhasil selain produktivitasnya tinggi, banyak petani yang menanam padi ini karena memiliki keunggulan pada rasa.

“Alhamdulillah karena kelebihan varietas tersebut, saat ini para petani sudah banyak yang menanam varietas Inpari 32, selain tahan wereng dan potensi hasil produksi tinggi, juga rasanya pulen dan enak sehingga bisa diterima dipasaran,” ujar Enie.

Selain melakukan panen, pada saat yang sama BBPOPT juga melakukan bakti sosial bertajuk “Bantuan Kementan Peduli Covid 19” dan acara tersebut dibuka langsung Menteri Pertanian melalui video conference yang diikuti Dinas Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Unit Pelaksana Teknis Dinas dan institusi lainnya.

“BBPOPT dipercaya Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi sebagai perwakilan untuk menyerahkan bantuan kepada warga, pekerja THL dan buruh tani,” ungkap Enie.

Sebelum memberikan bantuan secara simbolis, Enie memberikan amanat dan berharap agar bantuan ini bisa sedikit meringankan beban ekonomi warga yang kini sedang terpuruk akibat dampak covid 19. Adapun bantuan yang diberikan berupa sembako terdiri dari beras, telur, gula dan minyak goreng.

Salah satu penerima bantuan bernama Agus sangat bersyukur atas bantuan ini dan mengucapkan terimakasih kepada Kementan atas kepeduliannya terhadap warga sekitar. Agus dan warga lainnya tidak menyangka diundang untuk menerima bantuan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi tali kasih dan mempererat hubungan masyarakat dengan BBPOPT,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berpesan di saat pandemi global ini seluruh keluarga besar Kementan agar selalu menjaga kesehatan dan disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga dan banyak memakan makanan yang bergizi.

“Kita juga harus memanfaatkan tanaman herbal untuk menjaga stamina diantaranya jahe, kunyit, sirih, madu dan lain-lain,” kata Komandan, sapaan akran Mentan Syahrul.(*)


BACA JUGA