Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar, Ismail Hajiali saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar Balai Mutiara, Senin (06/04/2020).

Dilarang Berboncengan Selama PSBB Makassar, Fitur GoRide dan GrabBike Dihapus Sementara

Jumat, 24 April 2020 | 17:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Layanan dari dua aplikasi start up jasa transportasi online, yakni GoRide milik Gojek dan GrabBike milik Grab harus hilang dari aplikasi. Pasalnya, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Makassar berlaku hari ini, Jumat (24/04/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Ismail Hajiali menjelaskan, bahwa penghapusan fitur tersebut sebagai bentuk dukungan penyedia aplikasi Gojek dan Grab terhadap pelaksanaan PSBB di Kota Makassar. Apalagi, telah ada aturan mengenai larangan berboncengan yang bagi mereka yang tidak satu alamat.

“Sebelumnya Pemkot Makassar, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melayangkan surat permintaan dukungan oleh Gojek dan Grab terhadap PSBB di Makassar dengan menonaktifkan sementara fitur untuk mengangkut orang atau penumpang untuk sepeda motor dan melakukan pembatasan penumpang untuk mobil selama masa pemberlakukan PSBB 24 april hingga 7 mei mendatang,” ujarnya, Jumat (24/04/2020).

Kendati dua layanan tersebut dihapus, namun untuk fitur lain tetap aktif. Seperti Grab Car, Go Car masih tersedia. Demikian pula dengan layanan antar-pesan makanan, yakni Grab Food dan Go Food, keduanya juga tetap bisa digunakan.

Pada salah satu tampilan diaplikasi, Gojek menuliskan, bahwa layanan GoRide mulai 24 April 2020 untuk sementara waktu tidak beroperasi. Ini berlaku di Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros.

“Rekan mitra Gojek Makassar, kebijakan Walikota Makassar terkait PSBB di di Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros menentukan bahwa mulai 24 April-Mei 2020. Transportasi online roda dua hanya bisa mengangkut barang. Mewajibkan pengemudi untuk menggunakan masker dan sarung tangan selama perjalanan,” demikian yang tertulis di salah satu fitur informasi aplikasi Gojek.

Demikian pula fitur Grab Bike di aplikasi Grab juga sudah menghilang sejak hari ini di pilihan fitur. “Mudah-Mudahan saja kita semua bisa disiplin menjalankan aturan PSBB demi menahan penyebaran virus, dan tentu yang paling penting harapan kita semua bisa kembali normal sehingga tidak perlu lagi ada PSBB tahap kedua,” jelasnya. (*)