#

72 OTG di Barru Selesai Jalani Masa Pemantauan

Sabtu, 25 April 2020 | 13:21 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barru, semakin memperluas pengawasan dan pemantauannya terhadap warga.

Selain yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Tim Gugus Tugas yang dikoordinir langsung Bupati Barru Suardi Saleh, juga memperketat pemantauan terhadap ribuan warga yang masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Khusus OTG yang mulai dipantau dan didata sejak dua pekan lalu, jumlahnya mengalami pengurangan dari awalnya 1107 menjadi 1035. Tercatat 72 OTG sudah menjalani masa pemantauan selama 14 hari, dan dinyatakan segar atau tidak terinfeksi Corona.

“Sisanya itu masih terus kita pantau. Termasuk yang berstatus ODP dan 1 PDP,” kata Anggota Tim Gugus Tugas, Darwis, Sabtu (25/04/2020).



Sekadar diketahui, OTG yang dipantau Tim Gugus Tugas, rata-rata warga yang sempat berpergian ke luar daerah, terutama ke wilayah zona merah. Termasuk warga yang baru tiba dari tanah rantauan.

Sementara untuk ODP, jumlahnya hingga hari ini, tercatat 5 orang. Pihaknya sudah melakukan penanganan dengan meminta tak keluar rumah atau menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

“Untuk satu PDP, itu sudah menjalani isolasi di salah satu ruangan di RSUD Barru. Kita berharap, hasil labnya tidak positif,” tambah Darwis.

Diberbagai kesempatan, Ketua Tim Gugus Tugas Barru, Suardi Saleh, selalu mengingatkan, agar kita tidak terlena dengan status zona hijau. Menurutnya, meski belum ada temuan warga di Barru yang terinfeksi atau positif Corona, bukan berarti kita harus lengah.

Pasalnya, sebut dia, penyebaran wabah ini sudah menjangkiti beberapa daerah di Sulsel. Termasuk di daerah tetangga. Sehingga, pengawasan dan kewaspadaan harus selalu ditingkatkan.(*)


BACA JUGA