Tudang Sipulung diikuti Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama dengan sejumlah pengurus Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Makassar. Dihadiri juga Komandan Kodim 1408/BS Makassar, Kol (Inf) Andriyanto, Camat Ujung Tanah Andi Unru, serta sejumlah lurah di wilayah tersebut

PSBB Berlaku, Pj Wali Kota Makassar Imbau Warga Salat Teraweh di Rumah

Minggu, 26 April 2020 | 14:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb berkeliling menemui warga. Mereka diminta mematuhi seluruh aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar. 

Utamanya, dalam melaksanakan salat teraweh selama PSBB berlaku. Seperti yang terlihat di Posko Covid-19 Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu (25/4/2020) malam.

Iqbal terlihat menemui para pengurus masjid di wilayah tersebut untuk memberikan penjelasan kepada mereka. Ialah mengenai esensi pelarangan sementara untuk tidak melakukan aktifitas salat teraweh berjamaah di masjid. Kemudian dipindahkan di rumah masing-masing .

“Sebagai seorang muslim, tentu saja saya juga memiliki keinginan yang begitu besar untuk datang salat berjamaah di masjid, apalagi di bulan Ramadan seperti ini. Namun Islam juga meminta untuk mengutamakan keselamatan jiwa kita semua. Kita tentu tidak ingin situasi ini berlarut-larut, makanya kita harus lawan dengan menghentikan penyebarannya, tinggal di rumah saja dulu, beribadah di rumah, Insha Allah pahalanya tidak akan berkurang. Kurangi pergerakan di luar rumah, kurangi melakukan interaksi secara fisik, itulah sebenarnya esensi terdalam PSBB yang kita terapkan ini. Jika masih saja berkumpul, berjamaah di masjid, maka semua pengorbanan yang kita lakukan selama ini akan sia-sia. Virus akan semakin mudah menyebar ketika berkumpul. Insha Allah, jika pandemi ini telah berlalu di kota kita, maka kehidupan sehari-hari tentu akan normal kembali, termasuk beribadah secara berjamaah di masjid,” ujarnya.

Tudang Sipulung yang digelar tersebut merupakan langkah persuasif yang dilakukan Iqbal bersama dengan sejumlah pengurus Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Makassar. Selain Iqbal, juga hadri Komandan Kodim 1408/BS Makassar, Kol (Inf) Andriyanto, Camat Ujung Tanah Andi Unru, serta sejumlah lurah di wilayah tersebut.

Di tempat yang sama, Camat Ujung Tanah, Andi Unru mengaku terus bekerja menemui pengurus-pengurus masjid. Untuk meminta agar sementara waktu tidak melakukan aktifitas ibadah Tarawih di masjid masing-masing. Serta meminta kepada warganya untuk beribadah di rumah saja selama virus Corona atau Covid-19 masih mewabah di Kota Makassar.

“Memang masih ada beberapa yang melakukan salat teraweh di masjid, makanya ini yang kita datangi dan mengajaknya untuk mematuhi aturan PSBB. Alhamdulillah tadi sejumlah pengurus masjid sudah menyatakan komitmennya untuk mematuhi aturan ini dan untuk sementara tidak melaksanakan ibadah Tarawih di masjidnya masing-masing. Sebagai muslim, saya sangat paham ini tidak mudah, namun dalam Islam pun kita diminta untuk menghindari hal yang bisa membahayakan jiwa saudara-saudara kita. Insha Allah, jika kita melakukan disiplin secara bersama mematuhi aturan PSBB, yakinlah penyebaran virus ini akan bisa kita hentikan,” jelasnya.(*)


BACA JUGA