Ketua PMI Makassar, Dr Syamsu Rizal Mi

PMI Makassar: Stok Darah Aman di Bulan Puasa

Senin, 27 April 2020 | 17:18 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Makassar memastikan persediaan darah cukup untuk bulan Ramadan ini. Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, Senin (27/04/2020).

Ia menjelaskan bahwa saat ini pasokan darah yang tersedia ialah sebanyak 1.405 stok kantong darah. Dimana stok tersebut bisa memenuhi persediaan untuk 16 hari kedepan. Dengan hitungan penggunaan kantong darah per harinya yakni antara 80 hingga 125 kantong.

pt-vale-indonesia

“Kalau 1.405 itu sebenarnya angkanya cukup untuk 12 sampai 16 hari, kan kebetulan penggunaannya itu antara 80 sampai 125. Kita yakin bahwa Ramadan ini Insha Allah aman ji,” ungkapnya.

Penambahan stok darah bakal terus dilakukan guna memastikan ketersediaan selalu ada selama pandemi Corona atau Covid-19 ini. Kata pria yang akrab disapa Deng Ical ini, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menggelar donor darah.

“Ada beberapa titik termasuk Gojek itu kita minta, panggil semua mitra ojek onine, yaitu relawan tanggap bencana ojol Sulsel. Jadi semuanya, beberapa organisasi kita, Pemuda Pancasila sudah datang, relawan tanggap bencana juga,” jelasnya.

Meskipun terbilang aman, namun ia juga meminta dukungan dan bantuan oleh semua pihak. Dalam rangka ikut menyumbangkan darahnya bagi mereka yang membutuhkan termasuk bagi pasien Corona. Saat ini, kata dia, hanya tersisa 600 dari 4000 pendonor yang terdata bakal melakukan donor darah.

“Kira-kira tersisa ini 600 orang yang ikut donor dari kurang lebih 4000. Banyak yang pulang kampung sih, sudah mendonor tapi banyak pulang kampung, makanya butuh support dari semua teman,” sambung Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini. (*)


BACA JUGA