Kunjungan rombongan Bupati Purworejo, di War Room Balaikota Makassar, Rabu (1/8/2018)

Ada Ledakan Trafo, War Room Balaikota Makassar Lumpuh

Minggu, 03 Mei 2020 | 15:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ledakan trafo pada gardu penyuplai aliran listrik Balaikota Makassar dikabarkan terjadi pada Sabtu (2/5/2020). Akibatnya, Pusat Kendali Informasi atau War Room Balaikota sempat lumpuh.

Pemadaman listrik pun berlangsung cukup lama. Bahkan sempat menimbulkan kepanikan bagi para pejabat dan ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang kini bekerja di Posko Covid-19 Kota Makassar, di Jalan Nikel. Sebab, data laporan Covid-19 dari War Room dan website resmi Pemkot Makassar.

Dikonfirmasi, Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Makassar, Ismail Hajiali membenarkan kondisi tersebut. Pemadaman listrik ini justru ikut mengganggu proses layanan darurat 112 dan membuat website down.

“Mati lampu dari tadi pagi. Meledak trafonya, baru pi tadi setengah lima (sore) diproses. Bayangkan kita saja di posko (Covid-19) ini langsung down karena di sana pembaginya (informasi),” katanya.



Lanjut, Ismail mengatakan, dalam sepakan pemadaman listrik di kantor Balaikota sudah terjadi tiga kali. Ismail berharap, pihak PLN segera melakukan pembenahan, mengingat Balaikota sebagai titik pusat penyebaran informasi pada masyarakat. Apalagi di situasi dan kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Ia juga menyebut, selama berkantor di Balaikota baru kali ini sering terjadi pemadaman listik. Padahal sebelumnya, aliran listrik kantor pemerintahan, kepolisian dan lainnya itu tetap stabil.

“Disitulah sentral ITE-nya pemerintah kota. Jangan kita ini gugus tugas sudah maksimal, dia (PLN) tidak menyadari bahwa power listriknya di Balaikota itu sangat berpengaruh terhadap penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Kondisi ini juga diperparah dengan rusaknya power supply atau genset cadangan pasokan listrik di kantor Balaikota. Namun hingga jelang dini hari tadi, listrik di Balaikota sudah disuplai kembali, meski diakui Ismail belum stabil. 

“Baru-baru ini nyala, tapi belum stabil. Mungkin penanganan sampai malam ini. Lantai 10 kan supportingnya lampu dari PLN, walaupun kita punya genset tapi ini juga ada trouble kemarin,” tutup Ismail. (*)


BACA JUGA