Masjid Syekh Yusuf Gowa/IST

Masjid Syekh Yusuf Gowa Ubah Bunyi Azan ‘Salatlah di Rumah Masing-masing’

Senin, 04 Mei 2020 | 16:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Meski tidak digunakan sebagai tempat ibadah untuk sementara selama pandemi Corona ini, Masjid Syekh Yusuf Gowa tetap mengumandangkan azan setiap masuknya waktu salat fardhu selama lima kali dalam sehari.

Namun, Adzan yang dikumandangkan tidak seperti biasanya, melainkan ada perubahan bunyi pada kalimat ‘Hayya ‘alashshalaah’.

Kalimat itu diganti dengan kalimat ‘shollu fi buyutikum’ yang artinya salatlah di rumah kalian,” jelas Kadis Sosial Gowa, Syamsuddin Bidol, saat dikonfirmasi, Senin (4/5/2020).

Menurutnya, hal itu sengaja dilakukan dengan merujuk Fatwa MUI yang menganjurkan masyarakat yang untuk mendirikan ibadah salat selama pandemi ini masih berlangsung.



“Selain merujuk Fatwa MUI, ini juga disarankan oleh para Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah dll, pun Gubernur Sulsel hingga bupati,” tambahnya.

Dengan anjuran itu, lanjut Syamsuddin, masyarakat semakin patuh untuk terus menjalankan aktivitasnya di rumah  masing-masing termasuk salat, agar penyebaran virus Covid-19 ini bisa terputus lebih cepat.

“Ini untuk mencegah masyarakat perkumpulan massa yang sangat membahayakan terhadap penyebaran virus tersebut, termasuk di rumah-rumah ibadah,” tambahnya.

Ia mengatakan jauh sebelum penerapan PSBB di Gowa, masjid yang terletak di Jalan Masjid Raya itu telah mengumandangkan adzan yang baru dengan kalimat “shollu fi buyutikum”.

“Sebelum PSBB itu sudah diterapkan,” tukasnya.

Kabupaten Gowa sendiri tengah menjalankan PSBB mulai hari ini hingga dua minggu ke depannya.(*)