Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat berdiskusi dengan tim edukasi peserta wisata Covid-19 di Hotel Almadera, Selasa (5/5/2020)

Nurdin Abdullah Optimis Sulsel Jadi Provinsi Pertama Deklarasi Bebas Corona

Rabu, 06 Mei 2020 | 12:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, optimistis. Ia ingin Sulsel menjadi daerah pertama melakukan deklarasi bebas dari Corona atau Covid-19. 

Berdasarkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 dari lima provinsi episentrum dengan jumlah kasus positif terbanyak. Sulsel masuk daerah tertinggi dengan persentase 34,93 persen disusul Jawa Timur 15,57 persen, Jawa Tengah 14,43 persen, Jawa Barat 14,42 persen dan DKI Jakarta 14,16 persen. 

pt-vale-indonesia

Ia berharap penanganan Covid-19 ini bisa selesai dengan cepat. Penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pun tidak terlalu dikuras.

“Kita mau deklarasi pertama di Sulsel dan penggunaan APBD paling rendah,” katanya saat berdiskusi dengan tim edukasi peserta wisata Covid-19 di Hotel Almadera, Selasa (5/5/2020).

Selain Almadera Hotel, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel juga bekerjasama dengan beberapa hotel lainnya. Diantaranya, Hotel Maxone, Hotel Dalton, Swiss Bell, Sutomo, Grand Sayang, Grand Puri Perintis.

Hotel tersebut dijadikan sebagai hunian sementara bagi tenaga medis, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Kemudian Orang Tanpa Gejala (OTG), serta pasien positif Covid-19. 

Sebelumnya, Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga mengaku ada peningkatan  kesembuhan pasien khususnya peserta wisata ini. Sebab, didukung dengan tempat tidur yang nyaman, makanan bergizi dan teratur, serta istirahat yang teratur. 

“Virus ini bisa dilawan dengan imunitas yang kuat. Nah imunitas yang kuat itu kita dapat dari istirahat yang cukup, makan yang bergizi, makan vitamin, jangan cemas, jangan stres,” jelasnya.(*)