Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat menemui keluarga santri di Swiss-Belhotel, Rabu (6/5/2020)

Dibujuk Iqbal, Warga Pulau Kodingareng Reaktif Positif Corona Isolasi di Hotel

Kamis, 07 Mei 2020 | 06:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah warga Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang dinyatakan reaktif positif Corona atau Covid-19. Mereka pun kini mengikuti program Wisata Covid-19 di Swiss-Belhotel Makassar, Rabu (6/5/2020).

Keluarga mereka sempat keberatan dan masih bertahan di lobi hotel. Mereka berharap anaknya yang menjalani karantina bisa dibawa kembali menyeberang ke pulau.

Akan tetapi, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meminta agar para keluarga harus bersabar dan membiarkan anaknya untuk mengikuti program tersebut. Sebab, ini untuk mencegah penyebaran Corona.

“Hasil pemeriksaan dinyatakan positif. Insya Allah disini akan dilakukan pemulihan, melalui pengobatan dan pemenuhan gizi yang di butuhkan. Mereka ini masih muda, imun nya masih kuat, Insya Allah imun mereka bisa melawan virus. Karena kondisi sekarang itu sangat berbahaya. Itu bisa berpindah bahkan bisa memapar seluruh penduduk pulau jika masih tinggal bersama kita,” ujar Iqbal dihadapan sejumlah keluarga peserta program wisata Covid-19.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, sebanyak 774 Santri Pondok Pesantren (Ponpen) Al Fatah Temboro, Jawa Timur pulang kampung ke Sulsel. Sejumlah daerah juga melaporkan bahwa santri tersebut dinyatakan reaktif positif Covid-19 dari Rapid Test oleh tim medis.

Begitu pula dengan 19 santri yang kembali ke kampung halamannya di Pulau Kodingareng. Sebagian besar dari mereka rupanya reaktif positif usai dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskesmas setempat.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar beberapa kali mendatangi pulau tersebut untuk dilakukan penjemputan terhadap santri yang reaktif positif. Namun selalu gagal karena dihalang-halangi warga setempat. 

Upaya ini baru berhasil setelah dilakukan pendekatan persuasif oleh tim Tugas Covid-19 Makassar. Sebanyak 11 santri dengan kesadaran sendiri akhirnya bersedia menyeberang pulau bersama tim untuk mengikuti program wisata Covid-19 yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

“Saya juga minta yang masih ada di sana (pulau Kodingareng) tolong dibawa’ mi kesini. Tempat ini sangat nyaman, dan ini bagus untuk pemulihan, apalagi program ini gratis karena Pemprov Sulsel sudah membiayai semuanya,” ujar Iqbal.(*)


BACA JUGA