Petugas IDI Makassar, Relawan FTI UMI, ARSSI saat membagikan sejumlah APD di RS, Jumat (8/5/2020)

Bagikan APD, Satgas IDI dan FTI UMI Turut Semprot RS dan Klinik

Sabtu, 09 Mei 2020 | 20:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Satgas IDI Kota Makassar bersama Relawan FTI UMI terus berupaya melawan penyebaran virus Corona. Pihaknya pun dibantu ARSSI Makassar dan Polsek Panakkukang.

Upaya tersebut dilakukan melalui pembagian Alat Pelindung Diri (APD). Sekaligus menyemprot rumah sakit (RS) dan klinik kesehatan dengan cairan disinfektan, Jumat (8/5/2020).

Adapun RS tujuannya kali ini, diantaranya RS Islam Faisal, RSU Dadi, RS Labuang Baji, RS Wisata UIT. Kemudian ada Klinik Lacasino, Klinik HK Medical Centre, Puskesmas Jongaya, Puskesmas Mamajang, Puskesmas Dhalia, RS Fatimah, RS Pelamonia, RS Akademis.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua IDI Makassar, dr Siswanto Wahab. Ia menjelaskan, bahwa pihaknya juga membuka donasi buka puasa yang diperuntukkan untuk tenaga medis.



“Kami terus bergerak kembali melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa RS dan Klinik di Kota Makassar. Serta pembagian face shield, hand sanitizer, APD dan distribusi donasi buka puasa bagi dokter dan paramedis di sejumlah RS di Kota Makassar,” jelasnya.

Humas IDI Kota Makassar dr Wachyudi Muchsin menambahkan, dokter yang tergabung dalam Satgas IDI Kota Makassar Tanggap Covid-19 terbagi dalam dua tim. Dimana tim pertama fokus untuk donasi baju APD serta donasi buka puasa. Sementara tim kedua bertugas menyemprot disinfektan.

“Dimana tim kedua melakukan penyemprotan disinfektan, lelah diabaikan tidak pernah berhenti bergerak,” katanya.  

Lanjut, kata dia, upaya yang dilakukan oleh pihaknya tersebut perlu dukungan semua pihak. Terkhusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel serta Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). 

“Gubernur sampai Bupati dan Wali Kota harus dengan konsisten menerapkan PSBB untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona, semakin cepat berakhir semakin bagus kuncinya disiplin,” ujar pria yang akrab disapa Dokter Koboi ini. 

Hal senada juga diungkapkan Dekan FTI UMI, Zakir Sabara. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh pihaknya saat ini diharapkan bisa berjalan lancar. Sehingga, penyebaran virus Corona dapat ditekan.

“Menekan penyebaran virus Corona di tengah masyarakat tentunya atas dukungan semua pihak. Khususnya masyarakat sebagai garda terdepan dengan menerapkan social distancing, pakai masker, sesering mungkin cuci tangan,” pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua Satgas IDI Kota Makassar Tanggap Covid-19 dr Muhammad Sakti, sejumlah pengurus Satgas IDI Makassar, yakni dr Muhammad Irwan Gunawan, dr. Dedy, dr Mira.(*)


BACA JUGA