Kurma/INT

Menu Buka Puasa Agar Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Ini

Sabtu, 09 Mei 2020 | 12:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bukan hanya menu sahur yang mesti diperhatikan dalam berpuasa. Melainkan, penting juga untuk menentukan menu buka puasa. Tentu saja agar badan tetap terus sehat selama bulan Puasa.

Meski begitu, memilih menu yang tepat terkadang membingungkan. Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin punya tips dalam memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika buka puasa.

Saat berbuka puasa, kata dia, mesti mengonsumsi makanan dengan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Misalnya saja, kurma dan buah-buahan segar lainnya.

“Setelah itu, kamu boleh mengonsumsi makanan utama, seperti nasi, lauk pauk dan sayuran untuk mengisi energi dalam tubuh,” katanya saat dihubungi, Jumat (8/5/2020).



Selain itu, Wachyudi menjelaskan pentingnya meminum air putih yang banyak. Kemudian menghindari konsumsi teh, kopi dam minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus.

“Minumlah air putih minimal 8 gelas saat berbuka puasa dan sebelum tidur,” ujarnya.

Senada dengan Wachyudi, Pakar Gizi, Citra Kusumasari mengatakan, bahwa menjaga kondisi tubuh ketika berpuasa teramat penting. Pemilihan makanan dan minuman yang baik, justru akan membuat badan tetap sehat dalam menjalankan aktifitas di bulan puasa.

“Prinsipnya makanan dan minuman saat puasa tidak membuat kita dehidrasi dan kelaparan serta tidak menggangu pencernaan kita,” pungkas Kaprodi Ilmu Gizi FKM Universitas Hasanuddin (Unhas) ini.(*)


BACA JUGA