Sekretariat DPD II Golkar Makassar sekaligus Ketua Komisi D DPRD Makassar, Wahab Tahir saat ditemui di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, Selasa (14/4/2020)

DPRD Makassar Belum Jalani Rapid Test Corona, Wahab Tahir: Prioritaskan Dulu Rakyat

Minggu, 10 Mei 2020 | 20:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah anggota DPRD di berbagai daerah telah menjalani rapid test Corona atau Covid-19, seperti di Kabupaten Gowa. Sementara itu, DPRD Makassar hingga kini masih belum melakukan tes tersebut. 

Sebelumnya, DPRD Kota Makassar rupanya telah mengusulkan pemeriksaan rapid test Corona ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar. Namun, usulan tersebut belum terlaksana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Ia mengatakan, bahwa para legislator juga punya hak untuk mendapat fasilitas kesehatan seperti yang telah diterapkan kepada warga biasa.

“Pernah minta tapi belum saat ini masih ditunggu. Mereka juga itu warga Makassar, berhak juga mendapatkan pemeriksaan,” katanya saat ditemui, Sabtu (9/5/2020).



Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Makassar, Abdul Azis Hasan membenarkan adanya usulan tersebut oleh pihaknya. Namun sempat mengalami sejumlah kendala. Seperti pengadaan alat tes sendiri yang tidak masuk dalam penganggaran.

“Saya pernah usulkan, termasuk pengadaan alat itu. Cuma inikan kita terkendala. Tapi saya sudah alihkan anggaran, saya sudah perintahkan kabag umum untuk alihkan anggaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D Bidang Kesra DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir menyarankan agar fasilitas rapid test untuk legislator dilakukan belakangan. Sebab, ada masyarakat lain yang lebih penting untuk diperiksa lebih dulu.

“Prioritaskan dulu rakyat jangan sampai Dewan di rapid test baru masyarakat masih ada membutuhkan. Masyarakat itukan banyak kendalanya, tidak ada Jamkesda-nya atau apanya, sementara Dewan kan adaji Askes-nya,” ucapnya.(*)


BACA JUGA