IDI Cabang Luwu melakukan kegiatan penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) kepada seluruh Anggota IDI Cabang Luwu dan untuk seluruh rumah sakit dan klinik se-Kabupaten Luwu, Sabtu (9/5/2020) kemarin
#

IDI Salurkan APD ke Seluruh Rumah Sakit dan Klinik se-Kabupaten Luwu

Minggu, 10 Mei 2020 | 14:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM — Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Luwu kembali melakukan kegiatan penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) kepada seluruh Anggota IDI Cabang Luwu dan untuk seluruh rumah sakit dan klinik se-Kabupaten Luwu, Sabtu (9/5/2020) kemarin.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama 70 dokter yang juga tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia Cabang Luwu dalam rangka turut serta berpartisipasi dan mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Dr Alauddin Jusuf , Sp.An, M.Kes sebagai Ketua IDI Cabang Luwu mengatakan, “Kami sadar ini adalah masalah bersama yang tidak bisa di tangani oleh hanya sebagian komponen bangsa. Oleh karena itu, kepada seluruh elemen termasuk yang tergabung dalam IDI, marilah kita berjuang bersama demi misi kemanusiaan, seiring semakin meningkatnya kasus Covid terkonfirmasi di Luwu khususnya.”

“Mulailah dengan berdoa sebelum bekerja, bekerja dengan ikhtiar, ikhlas dan niat tulus. Laksanakanlah disiplin ilmu dengan percaya diri sesuai standar operasional, jangan lupa pakai APD sesuai indikasi. Insya Allah Yang Maha Kuasa akan melindungi kita semua dari wabah covid ini,” tambah Dr. Ala’, sapaan akrabnya.

Penularan Covid-19 terutama melalui saluran pernapasan dan mukosa mata, sehingga APD untuk melindungi wajah sangat dicari untuk menunjang keselamatan kerja para tenaga kesehatan.

Diketahui sejak awal tahun 2020 hingga kini, kelengkapan APD masih menjadi masalah utama dalam bidang kesehatan di seluruh penjuru dunia tidak terkecuali di Indonesia khususnya di Kabupaten Luwu. Hal itu menyebabkan tingginya angka kecemasan para tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan praktek mandiri yang tetap harus melayani pasien.

Diharapkan dengan adanya bantuan APD ini, seluruh komponen yang terkait tetap dapat melayani masyarakat khususnya dalam bidang Kesehatan dengan safety secara fisik dan emosional.

Pengurus IDI Cabang Luwu bersama donatur masih berupaya untuk mengadakan beberapa APD seperti masker bedah, masker N95, shoe cover, cover all suit, goggle, faceshield, dan hand sanitizer. Dimana seluruh APD itu akan dibagikan secara variatif kepada Rumah sakit, klinik dan dokter-dokter di Kabupaten Luwu.

Tidak hanya itu. pihaknya bersama tim juga terus mendorong masyarakat agar mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, untuk tetap berada dirumah dan menggunakan masker saat keluar rumah untuk melakukan aktifitas yang memang sangat penting.(*)

Tags: