Alat rapid test/INT

Rapid Test Massal Corona Digelar Selasa Depan, Ini Sasarannya

Minggu, 10 Mei 2020 | 21:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menggelar rapid test Corona atau Covid-19 secara massal pada Selasa (12/5/2020) nanti. Terdapat tiga sasaran yang akan menjalani tes tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, adapun tiga kelompok yang menjadi fokus rapid test ialah pedagang pasar, mitra ojek online (Ojol), dan juru parkir (Jukir) Mereka ini akan menjalani rapid test secara serentak.

Sebanyak 6.943 pedagang pasar akan menjalani rapid test yang tersebar di 18 pasar induk tradisional di Kota Makassar. Sementara mitra ojol yang terdaftar untuk pemeriksaan ini nantinya ialah berjumlah 7000 mitra. 

“Sasarannya kan masyarakat umum, selain pasar, kelompok kedua ojol. Ojol itu sasarannya kemarin yang dia lapor sampai 10 ribu. Tapi kan sekarang katanya banyak yang anggotanya  Ojol yang sedang pulang kampung, kemungkinan diperkirakan 6000 sampai 7000,” ujarnya, Sabtu (9/5/2020).



Untuk kelompok jukir, sedikitnya ada 2.068 orang yang siap menjalani rapid test. Laporan jumlah jukir yang akan diperiksa berasal dari data Perusahaan Daerah (PD Parkir Makassar Raya. 

“Terus yang ketiga semua juru parkir, kalau jukir kurang lebih 2.068 yang dia sudah lapor ke kami. Semua tukang parkir dari PD Parkir bersamaan, jadi kita pakai juga Puskesmas, jadi nanti ini untuk Parkir, ini untuk Ojol, lainnya di pasar kita kunjungi,” jelasnya. 

Di tempat yang berbeda, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, jika pihaknya telah menyiapkan sebanyak 20 ribu rapid test Corona. Ini dilakukan agar penyebaran virus Corona lebih cepat dicegah. 

“Kita sebenarnya siapkan sampai 20 ribu. Untuk pedagang pasar itu di pasar, untuk yang ojol dan parkir itu di puskesmas,” katanya saat ditemui, Minggu (10/5/2020).(*)


BACA JUGA