Buah Mengkudu/int

Disebut Mampu Tangkal Corona, Ternyata Ini Khasiat Buah Mengkudu

Senin, 11 Mei 2020 | 19:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Buah Mengkudu atau nama lainnya ialah Noni merupakan buah yang sering kita sering jumpai di Indonesia. Terkhusus di kota Makassar.

Buah ini mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan sangat pahit ketika dikonsumsi. Banyak yang menyebut jika Mengkudu mampu menangkal virus Corona atau Covid-19.

Pakar Gizi asal Universitas Hasanuddin (Unhas), Aminuddin Syam justru mengatakan, khasiat buah Mengkudu sebagai penangkal Corona belum bisa dipastikan. Sebab itu perlu diteliti terlebih dahulu.

“Itu hanya dugaan karena belum penelitian sebagai penangkal Corona. Mengkudu mengandung berbagai zat gizi termasuk antioksidan, antibiotik tentu benar tetapi sebagai anti Corona perlu diteliti,” jelasnya, Senin (11/05/2020).



Antiobiotik yang terkandung dalam Mengkudu sendiri hanya bisa membunuh bakteri, bukan virus. Sementara itu, Antioksidan pada buah tersebut untuk menetralisir radikal bebas.

“Antibiotik untuk membunuh bakteri sedangkan antioksidan umumnya berperan dalam menetralisir radikal bebas yang berasal dari polutan,” kata Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini.

Adapun zat lain yang terkandung, diantaranya vitamin C, B, magnesium, potasium, dan kalsium. Sementara itu, ia juga menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada obat herbal baik yang dari tanaman atau buah yang mampu menangkal virus Corona.

“Sampai hari ini belum ada obat ataupun herbal yang diyakini secara ilmiah mampu menangkal Corona,” pungkasnya. (*)