MaRI bekerjasama dengan Grab berlakukan standar keamanan layanan pesan antar makanan

MaRI Bersama Grab Berlakukan Standar Keamanan Layanan Pesan Antar Makanan

Senin, 11 Mei 2020 | 16:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Fenomena dari wabah virus Covid-19 seketika merubah semua lini kehidupan, tak terkecuali gaya hidup seluruh masyarakat Indonesia. Perubahan yang paling mencolok terlihat dari kehidupan sosial dengan rutinitas berbeda, ruang gerak terbatas, dan minim mobilitas.

Melihat fenomena ini, dimanfaatkan beberapa pengusaha layanan pesan –antar makanan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan maupun mengatasi krisis pangan, sehingga kehadirannya memiliki peranan penting saat wabah virus Covid-19 tengah melanda.

Masyarakat kini sangat mengandalkan teknologi digital untuk tetap menjalani kehidupan sosial dan ekonomi, termasuk dalam penggunanaan jasa layanan pesan –antar makanan, di tengah kebijakan physical distancing dan PSBB. Dalam meminimalisir sebaran virus Covid-19, para pengusaha industri layanan makanan mengembangkan metode baru untuk mengirimkan makanan kepada masyarakat berupa layanan pengiriman makanan tanpa harus berinteraksi dengan kurir pengantar (contactless delivery).

“Seperti halnya program yang diterapkan oleh Grab melalui dedicated pickup yang bekerjasama dengan pihak Mal Ratu Indah, dimana melibatkan tenant F&B sebagai partner merchant dari Grab Food,” ungkap Centre Manager Mal Ratu Indah, Iwan Ismail.



Program dedicated pickup merupakan inovasi cara penanganan makanan dengan pengantaran dari partner merchant Grab Food yakni pihak tenant F&B Mal Ratu Indah kepada mitra pengemudi secara higienis untuk mengurangi kontak langsung dalam meminimalisasi peningkatan jumlah penyebaran wabah virus Covid-19.

Kerjasama tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan Grab dan Mal Ratu Indah yang menguntungkan pelanggan. Dimana pelanggan dapat memesan makanan dan minuman dari berbagai tenant F&B Mal Ratu Indah dengan hanya dalam satu biaya pengantaran di dalam aplikasi maupun secara regular atau hanya ke salah satu partner merchant Grab Food yakni pada tenant F&B Mal Ratu Indah, tanpa adanya kontak langsung antara mitra pengemudi dan partner merchant (contactless delivery).

“Sejak pengoperasian Mal Ratu Indah dan Nipah Mall terhenti untuk sementara waktu, beberapa tenant F&B dan supermarket tetap buka dengan pertimbangan melakukan operasi terbatas dan memberlakukan delivery service, take away, serta online order dengan jarak antrian sehat,” tambahnya.

Pihak Grab telah memasang counter pada area MaRI Arcade sebagai lokasi untuk mengambil dan menunggu pesanan bagi para mitra Grab dan dilengkapi oleh tenaga kerja admin serta runner yang disiapkan khusus oleh pihak Grab. Admin bertugas untuk melakukan transaksi dan memberikan pesanan pelanggan atau customer kepada mitra Grab, sedangkan runner bertugas mengambil pesanan pada tenant F&B Mal Ratu Indah untuk selanjutnya diantarkan ke admin counter Grab Food MaRI.

Grab Food bersama dengan para mitra merchant yang berasal dari tenant F&B Mal Ratu Indah, bekerja sama dalam meningkatkan standar prosedur penyiapan makanan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan menjaga agar makanan tetap higienis sampai di tangan pelanggan.(*)


BACA JUGA