Proses serah terima sembako kepada warga terdampak Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemkot Makassar, PD INTI, dan pengurus Klenteng Xian Ma, Selasa (12/5/2020)

Gandeng Pemkot, PD INTI Sulsel dan Klenteng Xiang Ma Salurkan Bantuan Sembako

Selasa, 12 Mei 2020 | 23:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama Ketua Pengurus Klenteng, Xiang Ma Peter Gozal yang tergabung dalam Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa (PD INTI) Sulsel menyerahkan bantuan. Ialah berupa paket sembako kepada pengurus Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan divisi tiga Kostrad Kariango.

Bantuan paket sembako yang diserahkan selanjutnya akan disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19. Termasuk warga Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, maupun warga disekitar markas divisi tiga kostrad.

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb memberi apresiasi kepada klenteng Xiang Ma dan Perhimpunan Indonesia Tionghoa. Menurutnya, bantuan paket sembako yang disalurkan sangat membantu warga yang tidak tersentuh bantuan sembako dari pemerintah.

Khususnya bagi warga daerah lain yang datang menetap dan bekerja di Kota Makassar namun tidak mempunyai KTP dan Kartu Keluarga. Ia pun menyebut bahwa mereka juga perlu dibantu untuk meringankan bebannya selama adanya pandemi Corona ini.



“Kita ketahui banyak warga dari daerah lain yang kurang mampu datang dan mencari nafkah di Kota Makassar, selama masa penerapan PSBB mereka tidak tersentuh bantuan apapun karena mereka tidak memiliki KTP maupun KK. Jadi dengan adanya bantuan dari yayasan Klenteng Xiang Ma dan Inti dapat membantu pemerintah kota untuk menutup celah agar warga pendatang yang kurang mampu dapat memperoleh bantuan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah (PD) INTI Sulsel, Peter Gozal mengatakan bantuan paket sembako yang diserahkan jumlahnya ada 2500 paket. Kemudian disalurkan dalam dua tahap. 

“Selain memberikan bantuan paket sembako tahap pertama yang jumlahnya seribu lebih  kepada warga terdampak, termasuk warga Muhammadiyah dan NU tanggal 17 nanti ada lagi tahap kedua yang jumlahnya juga seribu lebih untuk kita salurkan kepada warga kecamatan ujung Pandang Wajo. Namun yang utama kita tunggu datanya masuk agar bantuan yang diserahkan tidak dobel dobel,” terang Peter.

Turut mendampingi Iqbal, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim dan Camat Wajo, Anshar Kalam. Serta seluruh pengurus Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sulsel dan Yayasan Klenteng Xiang Ma.(*)


BACA JUGA