Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat

Toko Non Sembako Beroperasi, Legislator Nurul Hidayat: PSBB Tahap Dua akan Gagal

Selasa, 12 Mei 2020 | 19:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat menyebut bahwa penerapan PSBB tahap kedua akan kembali gagal. Ini setelah ia melihat toko non sembako yang mulai beroperasi.

“PSBB jilid 2 menurut saya akan gagal total, sama halnya dangan jilid I, hanya menghabiskan anggaran saja. Karena toko-toko non pangan sudah ramai terbuka kembali. Ini semua akibat tidak bersinerginya Pemkot Makassar dengan Gubernur Sulsel (Nurdin Abdullah), antara boleh dan tidak boleh,” tegasnya

Legislator Partai Golkar itu menambahkan, jika saja Gubernur tidak mengeluarkan statement yang membiarkan toko tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, maka penerapan PSBB kemungkinan akan berhasil. Serta mengizinkan Satpol PP untuk bertindak tegas kepada pelanggar.

“Ini pasti sedikit berhasil, karena pada saat itu (PSBB jilid I) tidak ada lagi toko yang berani buka kecuali supermarket dan pasar,” jelas Anggota Komisi B DPRD Makassar.



Menurutnya, dengan adanya statement Gubernur tersebut, hal ini nampak melemahkan aturan yang dibuat Pemkot Makassar bersama aparat keamanan. Efektifitas PSBB akan hilang dan penyebaran Corona bisa saja meluas.

“Kita bisa lihat sekarang, PSBB berjalan tapi aktifitas masyarakat hampir dikatakan berjalan normal seperti saat PSBB belum diberlakukan. Sebetulnya Gubernur tidak boleh ikut campur dalam PSBB Kota Makassar, apalagi jika pencabutan izin yang diberlakukan pada pelaku usaha non pangan yang melanggar. Karena sudah ada dalam Perwali yang telah disosialisasikan sebelum PSBB diberlakukan,” bebernya.

Saat ini, kata dia, terkesan kalau toko yang berani lantaran memiliki orang dalam di lingkup Pemerintah yang membantunya. Sehingga, apapun tindakan yang telah diambil Pemkot Makassar akan sia-sia saja.

“Sekarang saya cuma bisa menghimbau ke masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan keluarga, tetap menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan dan gunakan masker utamanya bila bepergian. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan diri siapa lagi. Kalau tidak sekarang kapan lagi. Jaga kekuatan imun tubuh kita. Semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA