Pemkot Makassar bersama Forkompinda Makassar menggelar rapat di Posko Covid-19 Makassar, Rabu (13/05/2020).

Pemkot Makassar Target Periksa Massal Corona di Empat Kecamatan Episentrum

Kamis, 14 Mei 2020 | 19:53 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus menggenjot pemeriksaan massal Corona atau Covid-19. Rapid test ini pun akan digelar di empat kecamatan episentrum penyebaran.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf menyebut, kecamatan yang dimaksud ialah Rappocini, Panakkukang, Tamalate, dan Biringkanaya. Pihaknya akan melibatkan RT dan RW dalam pemeriksaan.

“Kita akan melanjutkan juga hal itu dalam jumlah yang besar pada kecamatan episentrum dengan melibatkan RT dan RW. Jadi dilanjutkan dan itu diharapkan selesai sebelum masa tanggap darurat berakhir,” ujarnya, Rabu (13/05/2020).

Adapun, kata dia, alat rapid test yang akan disiapkan sebanyak 1000 alat. Pihaknya akan menyiapkan lebih banyak lagi. Namun menurutnya, 1000 alat rapid test pun sudah cukup untuk pemeriksaan.



“Kalau mau totalkan kita butuh alat 1000, tapi kita ini fokus dulu kesana jadi keliatan nya alat yang ada pun tidak ada kekurangan,” sambung Mantan Kepala Bapelitbangda Sulsel ini.

Warga yang akan diperiksa pun tidak sembarangan. Kata dia, mereka yang akan di rapid test merupakan orang yang memikili suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

“Kita akan menggunakan dua tahap pertama kita scan semua, yang suhunya diatas rata-rata kita rapid test, hasil reaktif kita minta isolasi di hotel Swiss-Belhotel,” jelas Guru Besar Fakultas Kehutanan Unhas ini.

Rapid test ini akan dilaksanakan secepatnya. Ia mengaku, bahwa pemeriksaan akan dilakukan di minggu ini. “Yah secepatnya, mungkin kita berharap tidak lewat minggu ini,” tandasnya. (*)


BACA JUGA