ilustrasi santri

10 Santri Asal Pulau Kodingareng Positif Corona, Periksa Massal Segera Digelar

Sabtu, 16 Mei 2020 | 22:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 10 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah Temboro dinyatakan positif Corona. Ini menyusul keluarnya hasil swab atau spesimen mereka.

Santri tersebut diketahui berasal dari Pulau Kodingareng, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Dimana mereka kini tengah diisolasi di Swiss-Belhotel. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Akibatnya, rapid test massal akan segera digelar di Pulau Kodingareng.

“Ini urgent dan harus segera dilakukan agar virus tidak menyebar hingga satu pulau,” katanya saat Rapat Evaluasi PSBB di Ruang Rapat Sipakatau Lantai 2 Balai Kota Makassar, Sabtu (16/5/2020).



Untuk Kecamatan Kepulauan Kodingareng sendiri akan disediakan sebanyak 2.000 alat rapid test. “Kita lakukan secara bertahap. Di setiap kecamatan. Kita liat tingkat urgentnya dulu. Itu yang kita dahulukan,” sebut Naisyah. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf juga mengatakan hal yang sama. Ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona.

“Kita harus cepat menangani dan mendeteksi siapa-siapa saja yang positif agar tidak meluas dan cepat ditangani,” ujarnya.

Selain Kecamatan Kepulauan Kodingareng, ada lima kecamatan lain yang akan disiapkan untuk pelaksanaan rapid test. Diantaranya, Kecamatan Rappocini, Tamalate, Panakukkang, Manggala, dan Ujung Tanah.(*)


BACA JUGA