Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat ditemui Ruang Rapat Wali Kota Makassar, Rabu (13/05/2020).

Toko Ramai-ramai Beroperasi, Yusran Bantah Disebut Longgarkan PSBB

Sabtu, 16 Mei 2020 | 21:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah toko non sembako mulai kembali beroperasi di Makassar. Seperti misalnya di MTC Karebosi, Pasar Butung, dan Karebosi Link, serta gerai handphone di Jalan Rappocini dan Veteran.

Begitu pula dengan mal. Hampir semua mal akan beroperasi lagi. Misalnya saja, Trans Studio Mal (TSM) yang bakal dibuka pada 21 Mei nanti. 

Padahal, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tahap Kedua masih berlaku sampai saat ini. Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf angkat bicara.

Ia membantah jika penerapan PSBB Tahap Kedua ini aturannya dilonggarkan. Kata dia, protokol kesehatan justru diberlakukan pada toko yang beroperasi. 



“Bukan pelonggaran, jadi kita ingin memastikan protokol kesehatan itu dilaksanakan di masyarakat, yah dimana pun dia berada itu kan lebih penting,” jelasnya, Sabtu (16/5/2020).

Sebelumnya, Yusran juga mengatakan, bahwa, meski mal ingin tetap beroperasi namun pihak manajemen mal tidak akan berani untuk buka. Sebab, belum ada keputusan oleh pihaknya. 

“Pasti dia butuh pengumuman resmi dari pemerintah,” katanya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menegaskan, tidak ada pelonggaran selama masa PSBB jika angka penyebaran Covid-19 belum menurun. Serta belum adanya informasi yang kongkrit terkait kebijakan memberi izin mal untuk buka.

“Saya tegaskan sekali lagi, pelonggaran PSBB tidak akan kita lalukan jika tren peningkatan pasien Covid-19 masih sangat terjadi,” ucapnya, Sabtu (16/5/2020).(*)


BACA JUGA