Jangan Tinggalkan Barang Ini di Mobil Saat Akan Terparkir Lama

Senin, 18 Mei 2020 | 14:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dalam situasi pandemi seperti saat ini, mobil Mitsubishi kesayangan Anda mungkin akan sangat jarang terpakai karena aktivitas luar rumah yang dibatasi.

Apabila mobil diparkir di garasi rumah dalam jangka waktu yang lama, hindari untuk menyimpan barang-barang yang dapat menimbulkan bahaya di mobil Anda. Periksa mobil Anda baik-baik sebelum meninggalkannya terparkir lama.

Berikut ini beberapa benda yang tidak boleh Anda tinggalkan di dalam kabin ketika parkir dalam waktu yang cukup lama.

Powerbank dan alat elektronik



Di zaman sekarang kebanyakan orang pasti memiliki barang ini. Ya, powerbank atau alat penambah daya ini sudah seperti barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat modern. Tujuannya tentu untuk menambah daya baterai smartphone atau alat elektronik lainnya. Namun, jangan tinggalkan powerbank di dalam mobil apalagi ada risiko terkena sinar matahari langsung.

Pasalnya powerbank yang disimpan di dalam kabin mobil ini dapat berbahaya ketika terkena panas berlebih. Powerbank atau alat elektronik lain yang terdapat baterai jenis lithium-ion dapat mengembang dan jika mencapai tingkatan panas tertentu bisa meledak. Pastikan untuk menurunkan powerbank dan alat elektronik lain ini dari dalam mobil ya.

Korek api gas

Ini adalah barang yang akrab dengan para perokok dan biasanya selalu ada di dalam mobil. Padahal benda yang satu ini sangat berbahaya jika ditinggal di mobil karena korek api gas ini bisa meledak jika terkena panas berlebih. Bahan bakar gas dengan wadah berbahan plastik jika terkena panas akan meningkatkan tekanan gas dan melelehkan plastiknya. Jika suhu dalam kabin mobil mencapai 38 derajat celcius, korek gas dapat meledak. Oleh karena itu, selalu pastikan korek api gas tidak Anda tinggal di dalam kabin mobil untuk menghindari risiko ini.

Kacamata

Kacamata merupakan barang yang biasa ada di dalam mobil, terutama kacamata hitam. Tapi ternyata barang ini juga bisa berbahaya jika ditinggal di kabin mobil. Apalagi kalau Anda meletakkannya di atas dashboard mobil. Kacamata memiliki sifat yang sama dengan kaca pembesar di bagian tertentu yang dapat menciptakan titik api ketika terkena cahaya matahari.

Nah, titik api ini dapat menyambar ke bagian lainnya yang mudah terbakar, seperti bahan yang terbuat dari plastik atau karet dan tentunya sangat berbahaya. Lebih baik jika ada kacamata di mobil, Anda letakkan di tempat penyimpanan khusus kacamata ya. 

Botol minum plastik

Barang ini juga biasa ada di dalam kabin mobil dan selalu ditinggal ketika keluar dari mobil. Ternyata botol minum kemasan plastik ini bisa berbahaya jika berada di dalam kabin dan terkena sorot sinar matahari. Botol plastik ini akan menyerap panas yang diberikan oleh sinar matahari dan dalam waktu lama berbahaya bagi kesehatan karena terdapat dioksin yang dihasilkan dari botol tersebut. Sebaiknya segera keluarkan botol minum plastik Anda dari dalam mobil atau memang jika terpaksa letakkan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.(*)


BACA JUGA