Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat menerima secara langsung bantuan sembako dari Pelindo. Serta bantuan alat pengukur suhu dari PHRI Sulsel di Posko Covid-19 Makassar, Selasa (19/5/2020)

Soal Salat Idul Fitri, Yusran Jusuf Minta Masyarakat Laksanakan di Rumah

Selasa, 19 Mei 2020 | 18:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf meminta kepada masyarakat agar pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijiriah dilakukan secara berjamaah di rumah masing-masing. 

“Kami tetap menyampaikan bahwa imbauan pemerintah agar melaksanakan salat idul fitri di rumah masing-masing,” ujarnya, Selasa (19/5/2020).

pt-vale-indonesia

Meski begitu, pihaknya tetap memperbolehkan masyarakat apabila memang ingin melaksanakannya di masjid. Dengan syarat, protokol kesehatan mesti dijalankan.

“Bagi saudara kita yang ingin melaksanakan di masjid, tentu harus diperhatikan betul bahwa jamaah dan lokasi kita harus menerapkan protokol kesehatan,” terang Mantan Kepala Bapelitbangda Sulsel ini.

Pernyataan ini disampaikan usai melakukan vidcon bersama Gubernur dan Kepala-Kepala daerah se-Sulawesi Selatan (Sulsel) Bertempat di Posko Induk Info Covid-19 Pemkot Makassar, Jl. Nikel, Selasa (19/5/2020).

Pemerintah mulai dari level lurah bersama jajaran pengurus mesjid, menurut Yusran mesti bersinergi dan bertanggung jawab.  Guna memastikan warga yang melaksanakan Salat Id di masjid betul-betul aman dari penyebaran Covid-19.

“Tim Gugus Tugas harus datang sehari sebelum pelaksanaan dan pada saat pelaksanaan salat Id untuk melakukan scanning, melakukan pengaturan sehingga protokol kesehatan benar-benar diterapkan,” pungkas Yusran.

Olehnya itu, masjid itu harus dilengkapi dengan tempat cuci tangan, pendeteksi suhu tubuh. Serta para jemaahnya wajib mengenakan masker. 

Selain vidcon dengan Gubernur Sulsel, di di tempat ini Yusran Jusuf juga menerima secara langsung bantuan sembako dari Pelindo. Serta bantuan alat pengukur suhu dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel.(*) 


BACA JUGA