Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat hendak melepas tim medis pemeriksaan rapid rest massal menuju Pulau Kondingareng, Selasa (19/5/2020)

Serentak di Enam Kecamatan, Pemkot Kembali Gelar Rapid Test Massal

Rabu, 20 Mei 2020 | 10:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan rapid test massal di enam kecamatan sekaligus. Kegiatan ini dimulai, Selasa (19/5/2020).

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf melepas tim medis pemeriksaan rapid rest massal. Bertempat di Dermaga Mako Lantamal VI untuk pulau Kodingareng. 

Pelepasan ini juga menjadi tanda dilakukannya rapid test massal serentak  di enam kecamatan. Adapun kecamatan tersebut ialah Sangkarrang, Tamalate, Panakkukang, Manggala, Rappocini, dan Biringkanaya.

“Kami sekarang massif melakukan tracing dan rapid test secara massal berbasis kecamatan dan kelurahan. Itu untuk memastikan bahwa masyarakat yang terpapar di luar bisa kita temukan dan isolasi,” ucap Yusran, Selasa (19/5/2020).



Yusran mengatakan persoalan virus Corona atau Covid-19 harus cepat ditangani dan dideteksi warga yang positif. Agar mata rantai penyebaran bisa segera diputus dan tidak tersebar luas.

Untuk Kecamatan Tamalate, rapid test  yang dilakukan hari ini dihadiri 854 peserta. Sebanyak 13 menunjukan hasil reaktif. Sementara terdapat 841 nonreaktif.

Sebelumnya, salah satu pulau di wilayah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Ialah Kepulauan Kodingareng telah terdeteksi 10 orang positif dari hasil pemeriksaan swab atau spesimen. Untuk Kepulauan Kodingareng sendiri disediakan 2.000 alat test rapid.

“Ini urgent dan harus segera dilakukan tindakan untuk mencegah virus menyebar hingga satu pulau,” pungkas Yusran.(*)


BACA JUGA