Gojek/INT

Hadapi Pandemi, Ini 3 Fokus Utama Gojek Bantu Mitra Driver

Sabtu, 23 Mei 2020 | 09:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Selama pandemi Covid-19, keselamatan adalah prioritas bagi Gojek. Gojek telah meluncurkan berbagai inisiatif sebagai tindakan pencegahan penularan Covid-19, menjaga keberlanjutan pendapatan mitra dan merchant, serta keamanan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakan layanan Gojek sejak Januari 2020 lalu.

“Kita juga melihat berbagai program-program yang kita luncurkan kemarin untuk tingkatkan demand konsumen supaya mitra driver kita punya kelanjutan,” ujar VP Regional Corporate Affairs Gojek, Michael Reza Say, saat melakukan video conference bersama media, Jumat (22/5/2020) kemarin.

hati-kita-keren

Gojek memiliki program atau inisiatif yang beberapa di antaranya akan dikelola dengan menggunakan Dana Bantuan Mitra Gojek. Hal ini menggaris-bawahi komitmen Gojek dalam mendukung para mitra driver yang selama ini telah tumbuh bersama-sama dengan Perusahaan.

“Bukan mitra saja, tapi sebagian besar masyarakat Indonesia menghadapi kesulitan dari sisi menjaga keberlangsungan pendapatan. Jadi seiring dengan semakin luasnya dampak Covid-19 ini, pastinya kita terus mengeluarkan upaya kita untuk terus membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan pendapatan mereka,” paparnya.



Program-program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Penyediaan layanan kesehatan berupa penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver, jaminan asuransi kesehatan bagi mitra driver, dan meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan.

“Kita bagi sekitar 450 ribuan masker setiap bulan. Kalo untuk mitra driver kita punya paket kesehatan. Kita menyediakan perlengkapan kesehatan untuk mitra driver isinya masker, hand sanitizer, multivitamin,” ungkapnya.

Selain itu, Gojek juga selalu memberikan edukasi dan imbauan kepada mitra mengenai bagaimana melaksanakan social distancing selama bekerja.

Keringanan beban biaya harian yaitu melalui program distribusi paket sembako, program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart dan Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver, bantuan pembayaran pinjaman kendaraan.

“Untuk meringankan beban harian kita ada distribusi sembako buat mitra. Ada juga paket makanan hemat. Jadi mitra-mitra kita, kita kerjasama dengan beberapa mitra usaha Gofood,” jelasnya.

Bantuan pendapatan dengan adanya fitur pada produk untuk mendukung peningkatan penghasilan driver (tip hingga Rp100 ribu), program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang sudah berjalan saat ini, perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa, dan partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah.

“Selain itu kita juga ada program bantuan pendapatan bagi mitra yang terkonfirmasi positif Covid. Kita bantu penanggulangannya. Melalui YABB kita juga akan memberikan santunan. Jadi yang ODP maupun PDP atas rujukan pemerintah akan mendapatkan bantuan santunan yang disalurkan lewat YABB,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Head of Regional Corporate Affairs East Indonesia Gojek, Mulawarman, mengatakan bahwa Gojek di Indonesia Timur khususnya Makassar juga telah melakukan berbagai inisiatif program.

Head of Regional Corporate Affairs East Indonesia Gojek, Mulawarman, saat melakukan video conference bersama media, Jumat (22/5/2020) kemarin

“Sebenarnya banyak sekali yang sudah dilakukan juga dari inisiatif lokalnya. Jadi kita juga bekerjasama dengan Dishub membagikan masker dan bantuan sosial untuk pekerja harian yang ada di Makassar. Itu tiap hari kita selalu ada kegiatan tersebut,” kata Mula, sapaan akrabnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa Gojek di Makassar juga mengadakan program pengantaran makanan favorit kepada tenaga kesehatan yang berjuang untuk melawan Covid-19.

“Kita juga ada makanan khusus driver.
Ada juga inisiatif dari komunitas driver, kita juga mengantarkan makanan favorit untuk tenaga medis di rumah sakit rujukan Covid. Jadi teman-teman dari nakes juga senang mendapatkan makanan dari teman-teman komunitas mitra driver kita,” tutupnya.(*)


BACA JUGA