Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf

Lebaran Besok, Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi Ditiadakan

Sabtu, 23 Mei 2020 | 19:47 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada besok, Minggu (24/05/2020). Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hanya memperbolehkan pelaksanaan salat Ied di Masjid.

Sementara di salat Ied di tanah lapang seperti di Lapangan Karebosi akan ditiadakan. Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf.

Dilarangnya pelaksanaan di lapangan, kata dia, dikhawatirkan terjadinya transmisi lokal. Pasalnya, kemungkinan besar jika di lapangan akan dikerumuni banyak orang dari berbagai wilayah.

“Kita laksanakan salat di Masjid, kalau di lapangan karena dikhawatirkan dari berbagai orang, nah ini kita yang tidak inginkan. Kalau di masjid masing-masing kan relatif baku kenal orang,” ujarnya.

Adapun protokol kesehatan yang mesti dijalankan oleh pengelola masjid, ialah seperti menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh, penyemprotan disinfektan dan melakukan sterilisasi di area masjid.

Namun sebelum hari pelaksanaan Salat Idul Fitri, pihaknya akan mensosialisasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai protokol kesehatan yang mesti dijalankan di dalam Masjid. Sehingga, salat bisa dilakukan secara aman untuk mencegah penyebaran Corona.

“Satu hari sebelumnya kita akan mensterilkan masjid, mensosialisasikan SOP-nya, kemudian kita (petugas) ada di masing- masing Masjid, dan ada juga alat suhu tubuh,” kata Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas ini.

Sebelummya diketahui keputusan tersebut diambil pada Rapat Evaluasi PSBB di Ruang Rapat Sipakatau Lantai 2 di Balai Kota Makassar. Rapat tersebut telah berlangsung selama dua hari, yakni 16 dan 17 Mei. (*)


BACA JUGA