Toko Bintang Makassar/int

Konsumen Mengeluh, Toko Bintang Disebut Ogah Klaim Garansi Kerusakan

Rabu, 27 Mei 2020 | 12:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Program jaminan garansi saat membeli barang di Toko Bintang Jalan Veteran ternyata hanya isapan jempol belaka. Sebab, barang yang sudah dibeli oleh konsumen baru tiga hari enggan di ganti oleh pihak toko bintang, padahal barang berupa power bank tersebut memiliki garansi.

Salah satu konsumen, Hendra mempertanyakan garansi tersebut. Pasalnya, power bank yang ia baru beli beberapa hari lalu di Toko Bintang rusak dan tombolnya tidak berfungsi. 

pt-vale-indonesia

“Masa baru dibeli beberapa hari lalu rusak dan Toko Bintang tidak mau dia klaim garansinya. Terus garansi itu untuk apa, sementara program garansinya berlaku selama setahun,” kata Hendra, Selasa (26/5/2020).

Akibat kejadian tersebut, dengan rasa kekecewaan, Hendra berencana akan melaporkan hal tersebut ke Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar. Sebab dirinya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan

“Kita pasti dirugikan, beli barang ada garansinya tetapi rusak tidak mau di klaim. Tidak usah pakai garansilah kalau tidak siap mengganti. Cuma akal akalan saja pakai garansi, tetapi saya pasti akan melaporkan ini ke Dinas Perdagangan,” terangnya.

“Padahal itu power bank tidak perna jatuh ataupun di rusaki, apalgi mau di kaccaki tiba tiba rusak sendiri. Saya merasa dirugikan. Pihak toko bintang hanya bilang ada garansinya selama satu tahun tetapi tidak perna menjelaskan kerusakan seperti apa baru garansi itu berlaku,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu Costumer Service (CS) Toko Bintang Veteran, Nurjannawati mengakui power bank yang di beli konsumen memiliki garansi selama setahun. Namun, garansi tersebut hanya bisa diklaim jika ada kerusakan pada pengisian daya, atau power bank menggelembung atau membengkak

“Selama barangnya berfungsi mengalirkan daya, kerusakan seperti tombol tidak bisa di ganti, karena itu kebijakan perusahaan. Saya tidak mau ganti karena takutnya nanti saya yang bayar,” ujarnya.

Ia pun meminta konsumen kembali ke Toko Bintang. Itu apabila power bank yang ia beli tidak menghantar daya dan menggembung atau membengkak.

“Datang meki lagi kalau power bank ta tidak menghantarkan daya atau menggembung, tetapi selama itu garansinya masih berlaku,” pungkasnya.(*)