Relawan inspirasi Maros mendistribusikan puluhan Alquran di Dusun Mappasaile, Desa Limapoccoe, Kecamatan Cenrana, Maros
#

Relawan Inspirasi Maros Kembali Distribusikan Ratusan Alquran di Cenrana

Sabtu, 30 Mei 2020 | 15:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Guna menyiarkan agama Islam sampai ke pelosok, relawan inspirasi Maros kembali mendistribusikan puluhan Alquran. Kali ini relawan bagikan kitab suci umat muslim itu kepada warga Dusun Mappasaile, Desa Limapoccoe, Kecamatan Cenrana, Maros. 

Adalah di kediaman ibu Sinar (40) yang setiap harinya menggunakan kediamannya sebagai tempat puluhan anak-anak untuk belajar membaca Alquran. 

“Allhamdulillah hari ini kami dapat bantuan Alquran dari Rumah Zakat. Semoga ini bisa menambah motivasi anak-anak untuk lebih bersemangat belajar Alquran,” ujar Sinar. 

Sinar sendiri mulai mengajar anak-anak mengaji sekitar tahun 2004 silam. Kala itu, Sinar hanya mengajar anaknya saja. Kemudian, sejumlah kerabatnya serta warga sekitar ikut menitipkan anaknya untuk diajar oleh Sinar. Waktu berlalu dan murid Sinar pun semakin bertambah bahkan ada yang datang dari dusun tetangga. 



Selama sekitar 16 tahun ia mengajar anak-anak ini secara sukarela di kediamannya yang sangat sederhana, “Dulu yang saya ajar itu cuman anak sendiri, entah kenapa keluarga dan tetangga juga meminta agar anaknya ikut diajar mengaji. Allhamdulillah, karena ini adalah kebaikan dari Allah maka saya terima,” kata Sinar. 

Setiap hari saat pukul 12 siang sampai menjelang sore anak usia kelas dua Sekolah Dasar (SD) sampai usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara bergantian datang untuk mengaji. Sesekali “A Ba Tsa” secara bersahut-sahutan memecah keheningan kampung yang diselimuti pohon rindang itu. 

Bahkan ditengah issue pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) sekarang ini, Sinar tetap mengajar mengaji di rumahnya. Sama sekali tidak ada yang berubah, “Anak-anak tetap mengaji. Kalau warga sekitar sini kan jarang keluar kampung. Kecuali warga yang baru masuk tetap kami waspadai,” ujar ibu 5 anak ini. 

Sementara itu, relawan inspirasi maros Ikhwan Bahar, mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya agar program syiar Qur’an ini bisa terus dilakukan sampai kepada pelosok Maros. Hal ini dilakukan agar warga yang beragama Islam bisa belajar mengaji. Tidak hanya itu, ia juga membantu setiap guru mengaji dalam mengajar anak-anak dan melakukan pendataan kepada kaum duafa. 

“Insya Allah kami akan terus bergerak melakukan syiar Qur’an ini. Juga melakukan pendataan kepada kaum duafa. Semoga rumah zakat bisa bantu kesulitan-kesulitan mereka, entah itu sembako sampai kepada soal agama,” ujarnya. 

Saat ini, melalui relawan inspirasi rumah zakat. Ikhwan masih fokus untuk menjangkau seluruh wilayah Desa Limampoccoe yang terbilang cukup luas dan sebagian besar wilayahnya yang merupakan pegunungan. 

“Sementara ini kita akan jangkau dulu seluruh wilayah desa binaan. Kemudian Insya Allah akan dilanjutkan ke desa lainnya,” tutupnya.(*)