Satgas Covid-19 Toraja Utara
#

Kasus Pertama Positif Covid-19 di Toraja Utara, Pasien Karantina di Hotel

Senin, 01 Juni 2020 | 15:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

TORAJA UTARA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara (Torut) melalui Satgas Covid-19-nya mengumumkan kasus positif. Saat ini, pasien diketahui dibawa ke Kota Makassar.

Disana, pasien akan mengikuti program wisata Covid-19 di Hotel. Program ini sendiri digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk melakukan karantina terhadap ODP dan OTG Corona.

“Hari ini pula pasien tersebut langsung dibawa ke Kota Makassar untuk mengikuti program Pemprov Sulsel yaitu wisata Covid-19 untuk menjalani perawatan lebih lanjut di salah satu hotel di Makassar,” kata Bupati Torut, Kalatiku Paembonan, Minggu (31/05/2020).

Sebelumnya, Kalatiku Paembonan mengumumkan bahwa pasien tersebut adalah mahasiswa Teologia di Tangerang (riwayat perjalanan). Pasien tidak memiliki gejala apapun sehingga dikategorikan OTG.



Hal tersebut diketahui usai keluarnya enam hasil rapid test (RDT) dengan hasil reaktif pada Kamis (28/5/2020) lalu ke Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Sulsel. Pada Minggu (31/5/2020) hasil swab telah keluar dan dari semua hasil tersebut ada satu orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kalatiku pun mengimbau kepada warga agar tetap tenang meski telah muncul kasus postif di Torut. Ia juga mengimbau agar tetap menerapkan physical distancing dan menjaga imunitas tubuh.

“Sekaitan informasi adanya pasien positif Covid-19, maka diimbau masyarakat Kabupaten Torut tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imun tubuh serta tetap selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu physical distancing (menjaga jarak), rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker keluar rumah dan tidak berkerumun,” tambahnya. (*)


BACA JUGA