Cara Legislator Mesakh Raymond Memaknai Hari Lahir Pancasila di Tengah Pendemi

Selasa, 02 Juni 2020 | 08:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Makassar, Mesakh Raymond Rantepadang memiliki cara tersendiri dalam memaknai hari lahir pancasila. Terlebih lagi di masa pendemi Covid-19 atau lebih dikenal dengan Virus Corona.

Mesakh mengatakan, penting untuk memahami proses sejarah pembentukan pancasila sebagai dasar negara. Tanpa memahami dengan utuh dan obyektif, sehingga bisa saja keliru dalam mengaplikasikan pancasila dalam bernegara.

“Sejarah dan perkembangan pemikiran Bung Karno (Soekarno Hatta) yang dalam fakta sejarahnya telah melakukan peranan penting sebagai causa prima atau penyebab utama lahirnya pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka,” kata Mesakh, Senin 1 Juni 2020.



Dia mengatakan, sangat perlu mengaplikasikan nilai-nilai pancasila di tengah pendemi Covid-19. Hal yang paling penting adalah hidup bergotong royong dan saling berbagi dengan sesama.

“Lewat momentum peringatan hari lahirnya pancasila dalam masa pandemi Covid-19 kali ini, bagaimana kita sebagai warga NKRI dapat mengejawantahkan nilai-nilai pancasila untuk boleh saling bergotong royong dan saling berbagi terhadap sesama, meringankan beban dampak kesehatan dan dampak ekonomi,” ungkap Mesakh.

Tidak hanya itu, keadilan sosial pada masa pendemi Covid-19 mesti harus ditegakkan. Beberapa hal itu, kata Mesakh adalah kunci penting dalam menyelesaikan dampak Covid-19.

“Kunci penting dalam penyelesaian dampak kesehatan dan dampak ekonomi Covid-19 adalah gotong eoyong dan keadilan sosial,” tandasnya.(*)


BACA JUGA