Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat memantau rapid test Corona di Pelelangan Ikan Paotere, Rabu (3/6/2020)

Tes Cepat Corona di Paotere, Masih Ada Warga Takut Diperiksa

Rabu, 03 Juni 2020 | 22:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Rapid Test Corona atau Covid-19 kali ini berlangsung di Pelelangan Ikan Paotere, Rabu (3/6/2020). Pemeriksaannya dipantau langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf.

Saat meninjau, Yusran mengaku, masyakarat yang merupakan para pedagang ikan ini antusias dalam menjalani pemeriksaan. Namun, tak sedikit juga dari mereka yang masih takut untuk diperiksa.

“Hari ini saya liat masyarakat cukup antusias meskipun masih ada beberapa yang merasa takut di rapid test. Padahal ini tidak susah dan baik untuk mendeteksi dini,” ujarnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin yang ikut memantau, mengatakan bahwa pihaknya menyediakan 400 alat rapid test. Dengan rincian, 300 untuk pedagang dan 100 buat pembeli.

“Kemudian yang disiapkan 300 sampai 400 stok rapid, karena kita walaupun pedagang 300, tapi siapa tau pembeli yang tiba tiba mau yah kita siapkan,” jelasnya. 

Pemeriksaan rapid ini akan berlangsung hanya satu hari. Hasil dari rapid test juga baru bisa diketahui usai pemeriksaan telah dilakukan secara menyeluruh.

Apabila nantinya ditemukan pedagang atau pembeli yang reaktif positif Covid-19, maka mereka diminta untuk menjalani isolasi mandiri. Kemudian, jika ditemukan gejala, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau spesimen 

“Kalau dia tanpa gejala dia harus isolasi mandiri. Kalau dia bergejala pastilah kita lakukan pemeriksaan swab, tapi kalau dia tanpa gejala ji kita pantau saja 14 hari kemudian kita ulang lagi, hari ke 10 kita ulang kembali rapid-nya,” jelasnya.(*)


BACA JUGA