#

Ketua PKK Barru Dorong Setiap Desa Buat Posko Penanganan Covid-19

Kamis, 04 Juni 2020 | 12:05 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, drg Hj Hasnah Syam MARS, meluangkan waktunya turun memantau posko relawan penanganan Covid-19 di Desa Lalabata, Tanate Rilau, Kamis (04/06/2020).

Hasnah yang turut didampingi beberapa pejabat di lingkup Pemkab Barru, meninjau langsung empat posko relawan yang didirikan secara swadaya oleh warga setempat sebagai bagian mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran corona.

Di empat posko yang dikunjungi secara bergiliran di setiap pintu masuk desa ini, Hasnah Syam memberikan apresiasi khusus atas usaha dan kerja keras warga setempat dalam mencegah penularan Covid-19.

“Ini posko yang aktif dan dapat dijadikan contoh oleh semua desa dan kelurahan untuk terus mengaktifkan, serta melibatkan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19,” kata Hasnah Syam kepada sejumlah warga yang bertugas di posko relawan.



Kepada Kepala Dinas PMD Barru, Jamaluddin yang ikut serta dalam kunjungan ini, Hasnah Syam menitip harapan, agar posko swadaya di Lalabata, bisa dijadikan contoh untuk mendorong desa/kelurahan lainnya membuat posko yang sama.

“Kalau bisa semua desa mengaktifkan posko seperti ini. Ada relawan pemudanya, media center, dan tempat khususnya. Sekali lagi, ini patut dicontoh,” tambah Hasnah Syam kepada Jamaluddin.

Sekadar diketahui, pemerintah kabupaten melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barru, selama ini sudah mengaktifkan tiga posko pemeriksaan di tiga wilayah perbatasan kabupaten/kota. Hanya saja untuk kedepannya, akan diarahkan lagi ke kelurahan/desa.

Mengingat, keberadaan posko di desa/kelurahan diyakini akan jauh lebih efektif dalam mencegah penularan wabah corona. Selain efektifitas soal proses administrasi setiap warga yang baru masuk, juga lebih cepat dalam memberikan edukasi ke warga di tengah pandemi.

Apalagi, pandemi Covid-19, belum bisa diprediksi kapan berakhir. Karena itu, sangat penting desa/kelurahan mengaktifkan posko di wilayahnya masing-masing. Seperti yang sudah dicontohkan di Desa Lalabata.

Khusus di Lalabata, ada empat posko yang didirikan warga beserta pemerintah desa setempat. Masing-masing di Jalan H Ranreng, Jalan Semangka, Jalan Pasar Bungu, dan Jalan Dusun Matajang.

Berdasarkan pantauan, selain mengunjungi, Hasnah Syam juga memotivasi para warga di empat posko itu, sambil memberikan pemahaman mengenai standar protokol pencegahan corona. Sebab jangan sampai semangatnya melindungi warga menggebu, namun lupa mengenai keselamatan atau kesehatannya sendiri.

Selama beberapa jam di empat posko ini, Hasnah Syam didampingi Kepala DPMD, P3A dan PPKB Barru Jamaluddin, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Yossi Febrisiah, dan Plt. Camat Tanete Rilau Akmaluddin. Rombongan Bu Dokter, diterima oleh Kepala Desa Lalabata Herman, dan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda setempat.(*)


BACA JUGA