Ketua TP PKK Kota Makassar, Andi Masniawati Z Yusran saat melihat tanaman herbal yang ditanam oleh warga Kecamatan Rappocini, Sabtu (6/6/2020)

Di Kecamatan Rappocini, Masyakarat Kembangkan Tanaman Herbal Cegah Corona

Sabtu, 06 Juni 2020 | 23:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Masyakarat Kecamatan Rappocini mulai mencanangkan program Makassar Sehat melalui penanaman tanaman herbal. Program ini sendiri merupakan inisiasi dari Pemkot Makassar.

Dimana dalam penerapannya mencanangkan Imunitas Tinggi Berbasis Kearifan Lokal. Dengan harapan dapat menekan laju pertumbuhan penderita Covid-19. 

Camat Rappocini, Andi Azminullah mengatakan saat ini utamanya di Kelurahan Bonto Makkio, warganya mayoritas sudah memiliki pekarangan sehat masing-masing. Mereka pun memulai menanam tanaman herbal yang dapat menangkap Corona.

“Alhamdulillah Kelurahan Bonto Makkio ini adalah salah satu tempat hijau dimana warganya rata-rata sudah memiliki pekarangan sehat yang di tanami jahe, sere, kunyit hingga okta,” imbuhnya saat ditemui, Sabtu (6/6/2020).

Ketua TP PKK Kota Makassar Andi Masniawati Z Yusran bersama Ketua Dharma Wanita Kota Makassar Andi Batari Toja turut mengunjungi Kelurahan Bonto Makkio, Kecamatan Rappocini.

Dalam kunjungannya tersebut, Masniawati mengapresiasi Kelurahan Bonto Makkio sebagai daerah hijau yang di penuhi tumbuhan kesehatan. Menurutnya, inilah yang kini sangat diperlukan untuk membentengi diri dari serangan virus.

“Mata saya segar sekali berada di wilayah ini. Begitu asri dan hijau. Tanamannya rata-rata tumbuhan kesehatan. Kunyit, jahe, sereh ini sangat baik untuk kita konsumsi sehari-hari saat pandemi seperti ini,” ungkap Masniawati.

Ia pun meminta Ketua TP PKK Kecamatan Rappocini, Febriana untuk senantiasa mensosialisasikan ke semua Ketua Pokja juga warganya. Untuk memanfaatkan pekarangan rumah bercocok tanam tumbuhan herbal dan senantiasa mengajak senam Covid-19 yang juga saat ini sedang di galakkan Pemkot Makassar.

“Saya berharap ibu Ketua TP PKK Kecamatan rajin temui warganya dan mengedukasi semua Ketua Pokja agar disampaikan ke seluruh warga Rappocini agar menjaga kekebalan tubuh dengan gerakan senam juga menanam tumbuhan herbal di sekitar rumahnya,” tambahnya.

Andi Masniawati juga berkesempatan melakukan penanaman jahe secara simbolis bersama rombongan yang dilanjutkan dengan kunjungan Posyandu Dahlia VI.(*)


BACA JUGA