Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat berdiskusi dengan tim edukasi peserta wisata Covid-19 di Hotel Almadera, Selasa (5/5/2020)

Nurdin Abdullah Klaim Sudah Bisa Kendalikan Corona di Sulsel

Minggu, 07 Juni 2020 | 14:49 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengklaim jika pihaknya sudah mampu mengendalikan Corona atau Covid-19. Bahkan, kata dia, virus ini telah diketahui gerak-geriknya.

“Saya ingin sampaikan bahwa kita sudah dalam kondisi mengendalikan virus Corona ini, sudah terkendali di Sulsel karena semua gerakannya kita bisa tahu,” jelasnya, Sabtu (06/06/2020).

Dikendalikannya virus ini, Nurdin mengatakan, tak perlu lagi melihat tren pertumbuhan kasus Corona. Pasalnya, ia menyebut bahwa jumlahnya kini sudah menurun.



“Kalau saya sih sudah, kita sudah, oleh karena itu, jangan kita lihat trennya, karena ini kan sudah tidak terlalu tinggi,” sambung Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Upaya yang telah dilakukan oleh pihaknya, seperti PSBB, dianggapnya sudah mampu menekan kasus Corona. Saat ini, Nurdin mengaku fokus untuk menurunkan angka reproduksi atau Reproductive Number (RO).

“Makanya yang kita harapkan kemarin PSBB dua kali dampaknya sangat signifikan itu dari 3.8 RO-nya itu sudah dibawah dua. Nah kita menuju kepada dibawah satu sekarang Sulsel ini sudah 1.08 jadi tinggal sedikit, artinya pengendalian sudah bisa,” ujarnya.

Nurdin optimis jika angka RO bisa mencapai di bawah satu. Sebab, syarat dari pemerintah pusat untuk daerah bisa menerapkan kondisi New Normal ialah dimana angka RO telah berada di bawah angka satu. (*)


BACA JUGA